Kredit Tumbuh 108 Persen, Laba BTPN 2019 Naik Jadi Rp 2,6 Triliun

Kompas.com - 24/03/2020, 12:02 WIB
CEO Bank BTPN Ongki Wanadjati, hadir dalam kegiatan CEO Wisdom di Redaksi Kompas, Menara Kompas, Palmerah, Jakarta, Jumat (15/3/2019). KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESCEO Bank BTPN Ongki Wanadjati, hadir dalam kegiatan CEO Wisdom di Redaksi Kompas, Menara Kompas, Palmerah, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk mencatatkan kredit sebesar Rp 141,8 trilliun atau tumbuh 108 persen pada tahun 2019 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Sementara laba bersih setelah pajak (net profit after tax/NPAT) mencapai Rp 2,6 triliun, melonjak 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

Direktur Utama Bank BTPN Ongki Wanadjati Dana menyampaikan, di tengah situasi perekonomian global yang menantang, pihaknya senantiasa menjaga penyaluran kredit tetap sehat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Hal ini tercermin pada rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) sebesar 0,8 persen (gross).

Baca juga: WIKA Raup Laba Bersih Rp 2,62 Triliun pada 2019

Penyaluran kredit sepanjang 2019 salah satunya ditopang pembiayaan korporasi sebesar Rp 75,7 triliun, tumbuh 15 persen. Penyaluran pembiayaan dilakukan melalui sejumlah sindikasi untuk proyek ketahanan energi, ketahanan pangan, serta infrastruktur.

Selain kredit sindikasi, Bank BTPN juga memberikan pinjaman secara bilateral ke perusahaan swasta nasional, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), industri otomotif, hingga perusahaan yang bergerak di bidang ekspor impor.

“Melalui pembiayaan ke segmen korporasi dan industri pendukungnya, kami bersama pemegang saham pengendali (SMBC) berkomitmen mendukung program nasional dalam mewujudkan pemerataan kesejahteraan serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Ongki seperti dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Sebagai contoh, Bank BTPN bersama induk usahanya, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) memimpin sindikasi pembiayaan dari 18 institusi perbankan dan lembaga keuangan global kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III senilai 390,6 juta dollar AS pada tahun lalu.

Selain itu Bank BTPN berpartisipasi dalam pembiayaan (project finance) untuk proyek lapangan gas Jambaran-Tiung Biru milik PT Pertamina EP Cepu dalam konsorsium bersama 12 bank nasional dan asing.

Baca juga: Meroket 45 Persen, BTPN Syariah Raup Laba Bersih Rp 1,4 Triliun

Selain pembiayaan korporasi, penyaluran kredit juga ditopang oleh segmen kredit usaha kecil dan menengah serta kelompok prasejahtera produktif melalui anak usaha, BTPN Syariah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X