Buruh Tuntut Harga BBM dan Tarif Listrik Turun, Apa Alasannya?

Kompas.com - 24/03/2020, 14:36 WIB
Ilustrasi SPBU KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi SPBU

JAKARTA, KOMPAS.com - Buruh meminta pemerintah segera menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan tarif dasar listrik.

Menurut Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Riden Hatam Aziz tuntutan tersebut sangat realistis.

Apalagi harga minyak dunia turun cukup drastis. Turunnya harga BBM juga akan berpengaruh pada kebutuhan bahan pokok. Karena akan mengurangi atau memangkas biaya distribusi

Baca juga: Pertamina: Akhir Maret Harga Minyak Tetap Rendah, Dimungkinkan Harga BBM Turun

"Dengan turunnya harga BBM, kita harapkan daya beli masyarakat akan terjaga. Apalagi saat ini kita sedang menghadapi masa sulit, terkait dengan pandemi corona," kata Riden dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/3/2020).

Selain BBM, tuntutan agar tarif dasar listrik diturunkan alasannya pemerintah sudah menurunkan harga gas industri dari 8 dollar AS ke 6 dollar AS per satu juta British thermal unit (MMBTU).

Turunnya harga gas bumi, menurutnya otomatis memangkas biaya pokok produksi PLN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pemerintah harus fair. Ketika harga minyak dunia dan gas naik, BBM dan TDL dinaikkan. Ketika itu turun, maka harga BBM dan TDL harus segera diturunkan," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Minta Harga BBM Dihitung Ulang, Apa Kata Pertamina?

Perlu kalian ketahui, PT Pertamina (Persero) membuka peluang penurunan harga BBM non subsidi pada akhir bulan ini, Maret 2020.

Hal ini menyusul harga minyak dunia yang terus mengalami penurunan cukup dalam.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, penyesuaian harga BBM non subsidi dan penugasan bisa dilakukan, apabila harga minyak dunia tetap rendah sampai dengan akhir Maret 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.