Gubernur BI Apresiasi Pengusaha yang Pasok Valas ke Pasar

Kompas.com - 24/03/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah di pasar spot terpantau menguat terhadap dollar AS. Berdasarkan data perdagangan pasar spot Bloomberg, nilai tukar rupiah naik 75 poin atau 0,45 persen menjadi Rp 16.500 dibandingkan penutupan perdagangan di hari sebelumnya yang sebesar Rp 16.575 per dollar AS.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pun berterimakasih kepada eksportir yang sudah memasok dollar AS yang mereka pegang ke pasar valas. Hal itu mendorong pergerakan rupiah yang menguat hari ini.

"Terimakasih kepada para eksportir yang sudah kemudian memasok dollarnya ke pasar valas. Sehingga hari ini nilai tukar bergerak stabil di pasar valas," ujar dia di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Bangkit, Rupiah Bisa Kembali di Bawah Rp 16.000 Per Dollar AS?

Lebih lanjut, dirinya pun meminta seluruh pihak untuk bahu-membahu mengatasi masa sulit akibat persebaran virus corona (covid-19) bersama-sama.

"Saya sekali lagi mengajak semua pihak untuk melalui masa yang sulit seluruh dunia khususnya di Indonesia, mari kita memperkuat persaudaraan kita bagaimana kita bersama mengatasi berbagai permasalahan dari aspek kemanusiaan dari aspek ekonomi dari aspek masyarakat," ujar Perry.

"Terima kasih kepada semua yang sudah mendukung termasuk pengusaha yang bekerja sama bersama pemerintah untuk bisa mengatasi berbagai permasalahan ini," jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Perry pun mengatakan, bank sentral bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus memastikan berjalannya pasar keuangan, jasa keuangan dan sistem pembayaran berjalan untuk mendukung berbagai kegiatan ekonomi dan keuangan di dalam negeri.

Dalam rangka memitigasi persebaran virus corona yang lebih luas, BI bersama OJK serta pelaku industri jasa keuangan pun melakukan penyesuaian jam operasional yang lebih pendek.

"Mari kita terus berikhtiar semaksimal mungkin bahwa mengatasi dampak covid 19 itu dengan langkah-langkah bersama," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.