Kompas.com - 24/03/2020, 18:54 WIB
Angkot online Tron di Kabupaten Bandung. Dok. TRONAngkot online Tron di Kabupaten Bandung.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan angkot online PT Teknologi Rancang Olah
Nusantara (TRON) telah beroperasi di Kabupaten Bandung. Pembayaran trayek pun bisa dilakukan secara non tunai alias cashless.

Dengan diluncurkannya fitur cashless, angkot online ini diharapkan bisa menjadi pilihan utama untuk mobilisasi masyarakat, khususnya di daerah Soreang-Banjaran.

CEO Tron David Santoso mengatakan, pihaknya mendukung program pemerintah menjadi bagian smart city program dan mendukung gerakan non-tunai.

Baca juga: Angkot Online Tron Hadir di Kabupaten Bandung

"Sudah saatnya sekarang masyarakat beralih ke pembayaran non tunai, karena selain banyak promonya biar enggak ribet kan bawa-bawa uang tunai. Bagi orang tua yang ingin pesan angkot untuk anaknya berangkat atau pulang sekolah juga lebih simpel dan aman dengan angkot online ini bisa dipantau sudah dijemput atau belum dari aplikasi," jelas David dalam keterangannya, Selasa (24/3/2020).

Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa mengatakan, rencananya semua trayek di Kabupaten Bandung harus ikut dalam program
digitalisasi secara online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Apalagi sekarang sedang dalam wabah Covid-19, dimana uang tunai bisa menjadi carrier virus tersebut. Jadi fitur cashless ini sangat bagus bagi keamanan penumpang," ungkap Zeis.

Baca juga: Mudahkan Pengguna, Aplikasi Angkot Online TRON Luncurkan Fitur Chatbot

Selain itu, jika pengguna menggunakan aplikasi, maka dapat dialcak oleh Tron dan Dishub siapa saja yang naik angkot tersebut.

"Dan juga adanya transparansi pencatatan pendapatan yang baik bagi supir dan pengusaha" kata Zeis.

Adapun pada bulan depan ada ratusan supir yang akan bergabung dengan Tron di beberapa area yaitu trayek Cileunyi-Cicalengka-Nagrek, trayek Cicalengka-Cijolang dan trayek Cicalengka-Rancaekek-Majalaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.