Ada Wabah Corona, Penyaluran Bansos Dipercepat

Kompas.com - 24/03/2020, 20:02 WIB
Penerima bantuan sosial rastra Dok. Humas KemensosPenerima bantuan sosial rastra

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Sosiasl (Kemensos) mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) sebagai salah satu upaya untuk menangani wabah virus corona (Covid-19).

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama mengatakan, penyaluran PKH tahap kedua akan dipercepat menjadi pertengahan Maret, sementara penyaluran PKH tahap ketiga akan dipercepat menjadi April.

"Disalurkan juga per bulan yang semula disalurkan per tiga bulan. Sehingga di masa darurat, KPM mendapat manfaat ganda," ujar Asep dalam konferensi pers, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Harga Alat Tes Corona di Toko Online Mencapai Rp 900.000

Sebelumnya, penyaluran bantuan PKH tahap kedua akan disalurkan pada April, sementara penyaluran tahap ketiga seharusnya dilaksanakan di bulan Juli.

Tak hanya mempercepat penyaluran bantuan PKH, Kemensos juga akan meningkatkan bantuan program sembako, menyiapkan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk digunakan daerah yang terdampak Covid-19, memberikan santuan kematian kepada ahli waris, dan membantu kebutuhan APD masyarakat dan petugas.

Baca juga: Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Positif Terinfeksi Corona

Lebih lanjut Asep juga mengatakan pemerintah tengah merumuskan berbagai program dan kebijakan untuk turut membantu masyarakat yang tidak ikut dalam program Kemensos.

"Kita percayakan pemerintah akan memberikan langkah nyata untuk menangani masalah yang pernah dihadapi," kata Asep. (Lidya Yuniartha | Noverius Laoli)

Baca juga: Bayang-bayang Larangan Pulang Kampung di Lebaran 2020

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Ada wabah corona, Kemensos percepat penyaluran bansos



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X