Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wabah Corona, Penyaluran Bansos Dipercepat

Kompas.com - 24/03/2020, 20:02 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Sosiasl (Kemensos) mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) sebagai salah satu upaya untuk menangani wabah virus corona (Covid-19).

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama mengatakan, penyaluran PKH tahap kedua akan dipercepat menjadi pertengahan Maret, sementara penyaluran PKH tahap ketiga akan dipercepat menjadi April.

"Disalurkan juga per bulan yang semula disalurkan per tiga bulan. Sehingga di masa darurat, KPM mendapat manfaat ganda," ujar Asep dalam konferensi pers, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Harga Alat Tes Corona di Toko Online Mencapai Rp 900.000

Sebelumnya, penyaluran bantuan PKH tahap kedua akan disalurkan pada April, sementara penyaluran tahap ketiga seharusnya dilaksanakan di bulan Juli.

Tak hanya mempercepat penyaluran bantuan PKH, Kemensos juga akan meningkatkan bantuan program sembako, menyiapkan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk digunakan daerah yang terdampak Covid-19, memberikan santuan kematian kepada ahli waris, dan membantu kebutuhan APD masyarakat dan petugas.

Baca juga: Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Positif Terinfeksi Corona

Lebih lanjut Asep juga mengatakan pemerintah tengah merumuskan berbagai program dan kebijakan untuk turut membantu masyarakat yang tidak ikut dalam program Kemensos.

"Kita percayakan pemerintah akan memberikan langkah nyata untuk menangani masalah yang pernah dihadapi," kata Asep. (Lidya Yuniartha | Noverius Laoli)

Baca juga: Bayang-bayang Larangan Pulang Kampung di Lebaran 2020

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Ada wabah corona, Kemensos percepat penyaluran bansos

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com