Terdampak Corona, UKM Bisa Manfaatkan Pembiayaan Fintech

Kompas.com - 24/03/2020, 20:23 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah virus corona telah menyebabkan banyak dampak mulai dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang anjlok hingga terpukulnya usaha, kecil dan menengah (UKM).

Namun bagi UKM, tak perlu resah. Sebab fintech menyatakan siap memberikan pembiayaan kepada para pelaku UKM agar bisnisnya tetap bisa berjalan.

Chief Financial Officer KoinWork Mark Bruny mengatakan, KoinWork sebagai salah satu Fintech siap membantu para pelaku UKM yang mengalami kesulitan.

"Kami akan tetap siap mendampingi pelaku bisnis UKM yang mengalami kesulitan di tengah perubahan ekonomi seperti sekarang," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Selama Nyepi, Bandara Gusti Ngurah Rai Bali Ditutup Sementara

"Kami juga akan terus berupaya melindungi para pengguna dengan menyakinkan mereka bahwa dana yang ada di KoinWorks tetap aman digunakan," sambungnya.

Bruny juga mengatakan, KoinWorks akan menyalurkan pembiayaan langsung untuk mendukung para UKM. Selain itu para pengguna KoinWork diharapkan untuk tidak ragu pada penggunaan layanan keuangan digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab kata dia, hal yang paling penting dari fintech yakni telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami ingin menekankan bahwa KoinWork juga sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK oleh sebab itu para pengguna tidak perlu cemas," jelasnya.

Baca juga: Bergaji UMR, Ini Komposisi Ideal Tabungan dan Investasi untuk Anda

Di tengah wabah corona, KoinWork menyelesaikan pendanaan Seri B pada bulan November 2019. Hal ini dinilai sangat tepat untuk mendukung pembiyaan UKM.

Untuk mendukung pendanaan UKM, KoinWork juga dibantu oleh para mitranya yang berasal dari perusahaan investasi dan perbankan terkemuka seperti Mandiri Capital Indonesia, Gunung Sewu, Convergence Venture, Quona Capital, EV Growth dan Saison Capital.

"Kami siap untuk mendukung para UKM agar terus berjalan dan KoinWork akan selalu hadir siap dan gesit membantu para UKM agar dunia juga kembali pulih," kata dia.

Baca juga: Rekor Harga Tertinggi Emas Sepanjang Masa di Tengah Geger Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.