Cegah Corona, Baznas Semprot Disinfektan di Stasiun Tanah Abang

Kompas.com - 26/03/2020, 12:30 WIB
Penduduk Jakarta memakai masker di Stasiun Tanah Abang pada Kamis (27/2/2020), menyusul maraknya penyebaran virus corona yang berasal dari China. Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERSPenduduk Jakarta memakai masker di Stasiun Tanah Abang pada Kamis (27/2/2020), menyusul maraknya penyebaran virus corona yang berasal dari China.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS) menurunkan tim BAZNAS Tanggap Bencana untuk melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Salah satunya dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (25/3/2020).

Tak hanya disemprot, Tim BAZNAS Tanggap Bencana juga melakukan pengelapan dengan kain yang telah diberi cairan disinfektan ke bagian area yang sering disentuh oleh masyarakat seperti mesin tap kartu untuk keluar masuk stasiun, pegangan tangga stasiun, dan juga vending machine.

Baca juga: Cegah Corona, Penumpang Gejala Demam Tinggi Dilarang Masuk Stasiun MRT

“Meski jam operasi sudah dibatasi, saat ini jumlah masyarakat pengguna KRL masih sangat banyak. Stasiun Tanah Abang menjadi salah satu stasiun transit dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi ditambah lokasinya yang berdekatan langsung dengan pasar. Maka dari itu BAZNAS Tanggap Bencana berinisiatif untuk melakukan penyemprotan disinfektan agar masyarakat steril dari penularan Covid-19,” jelas Kepala Program BAZNAS Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri dalam keterangannya, Kamis (26/3/2020).

Selain penyemprotan dan pengelapan, lanjut Dian, BAZNAS Tanggap Bencana juga melakukan pendistribusian 400 hand sanitizer untuk diberikan kepada para penumpang KRL.

“Tak hanya pendistribusian, tim juga memberikan edukasi singkat bagaimana cara menggunakan hand sanitizer yang baik untuk menjaga kebersihan tangan agar aman dari virus. BAZNAS Tanggap Bencana akan terus bergerak melakukan upaya-upaya menekan angka penyebaran virus yang semakin meluas,” ujarnya.

Baca juga: Erick Thohir: Saat Ini Angkasa Pura dan KAI Harus Siap Rugi

Sebelumnya Tim BAZNAS Tanggap Bencana juga telah melakukan penyemprotan serupa di beberapa area transportasi publik seperti Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Juanda, dan juga Terminal Kampung Melayu.

Sementara itu, Direktur Utama BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta menambahkan dalam upaya membantu pencegahan penyebaran Covid-19, BAZNAS concern pada titik area publik dimana masih banyak aktivitas masyarakat.

“BAZNAS berupaya membantu mereka yang memang tidak bisa melakukan sistem bekerja dari rumah agar tetap terlindungi saat berada di area umum. Semoga langkah kecil kami, bisa memberikan dampak yang berarti dalam mencegah mereka dari penularan Covid-19,” tuturnya. (Tendi)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Cegah corona, Baznas lakukan penyemprotan disinfektan di Stasiun Tanah Abang



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X