KILAS

Menaker Imbau Perusahaan dan Industri Lakukan Langkah Preventif Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 26/03/2020, 18:20 WIB
Menaker Ida Fauziyah, saat melakukan penyemprotan disinfektan secara simbolis, di sebuah perusahaan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020). DOK. Humas Kementerian KetenagakerjaanMenaker Ida Fauziyah, saat melakukan penyemprotan disinfektan secara simbolis, di sebuah perusahaan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, mengimbau perusahaan dan industri untuk melakukan langkah preventif penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19).

“Secara tegas kami minta perusahaan-perusahaan dan industri menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), dengan melakukan upaya preventif penyebaran Covid-19,” kata Ida, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Hal tersebut dikatakan Ida, usai melakukan penyemprotan disinfektan secara simbolis, di sebuah perusahaan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Ida melanjutkan, penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya pencegahan Covid-19 yang dicontohkan pemerintah.

“Kami ingin memberi contoh dan memotivasi pelaku usaha agar melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi kerja masing-masing,” kata Ida.

Baca juga: Disinfektan: Pengertian dan Tipenya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ida, penyemprotan disinfektan mencerminkan pola hidup sehat dan bersih perusahaan. Selain itu, upaya ini juga dapat memberi ketenangan bekerja pada karyawan.

Ida pun mengimbau perusahaan untuk menyediakan tempat cuci tangan beserta air mengalir dan sabun, atau hand sanitizer.

Sementara itu, kepada seluruh karyawan, Ida mengajak untuk rutin mencuci tangan, menggunakan masker, serta mengatur jarak di tempat kerja.

“Kita semua harus patuh dan disiplin. Saya minta perusahaan yang menerapkan K3 dan para pekerja aktif melakukan pencegahan,” kata Ida.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.