KILAS

Tekan Penyebaran Virus Corona, Kemenaker Libatkan Para Korban PHK

Kompas.com - 26/03/2020, 19:53 WIB
Kemenaker melibatkan pekerja korban PHK lakukan penyemprotan disinfektan Dok. KemenakerKemenaker melibatkan pekerja korban PHK lakukan penyemprotan disinfektan

KOMPAS.com – Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemenaker) turut bertindak menekan penyebaran coronavirus disease ( Covid-19).

Salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa perusahaan.

Kali ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah turut melibatkan karyawan atau pekerja yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk motivasi untuk memberdayakan teman-teman ter-PHK dengan berbagai cara,” ujar dia dalam keterangan tertulis usai kegiatan penyemprotan disinfektan di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Kemenaker Akan Keluarkan Larangan Penempatan TKI ke China

Ida berharap agar kegiatan penyemprotan disinfektan yang didampingi tenaga profesional itu banyak diikuti banyak pihak, khususnya dunia industri.

Kemenaker sendiri telah melakukan perubahan beberapa program, salah satunya adalah program padat karya bagi pekerja korban PHK dan terdampak Covid-19.

Perubahan itu disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masyarakat setempat atau yang dikenal dengan istilah pengembangan padat karya berbasis sumber daya lokal.

Dengan demikian, para pekerja korban PHK atau terdampak Covid-19 itu dapat diberdayakan sehingga mendapat tambahan penghasilan dari insentif dalam program padat karya.

Baca juga: Menaker Imbau Perusahaan dan Industri Lakukan Langkah Preventif Penyebaran Covid-19

"Kami beri insentif untuk melakukan penyemprotan. Sebelum menyemprot, mereka dilatih dulu, dilengkapi alat pelindung diri (APD), dan didampingi instruktur profesional," kata Menaker.

Sementara itu, kegiatan penyemprotan disinfektan itu juga dilakukan di Kawasan Industri Pulo Gadung dan Kawasan Industri Marunda.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X