Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ESDM Pastikan Pasokan Listrik di RS Rujukan Corona Aman

Kompas.com - 26/03/2020, 20:33 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pasokan listrik di rumah sakit rujukan bagi pasien corona aman. Dengan begitu, masyarakat tak perlu khawatir mengenai pasokan listrik ke rumah sakit tersebut.

“Salah satunya kelistrikan, keandalan pasokan listrik rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di Jakarta dan sekitarnya dipastikan berjalan dengan baik," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/3/2020).

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad menjelaskan, aliran listrik di rumah sakit rujukan akan dipasok dengan dua sumber. Sehingga, jika sumber listrik utama mengalami gangguan maka langsung dipindahkan ke sumber listrik cadangan.

Baca juga: Buruh Bakal Demo Tuntut Pengusaha Bayar THR dan Gaji Penuh

“Jaringan pemasok rumah sakit, kantor pemerintah fasilitas lain yang menjadi bagian vital untuk siaga Penanganan Covid-19. Ini kita buat siaga dengan dua sumber dari gardu yang berbeda, sumber utama dan sumber cadangan, bebannya pun dimonitor berkala setiap 3 jam," kata dia.

Selain menjamin ketersediaan listrik, PLN juga memberikan bantuan supervisi instalasi listrik bagi rumah sakit agar pasokannya selalu tersedia.

“Listrik menjadi salah satu sumber energi vital pelayanan di rumah sakit apalagi dalam kondisi wabah Corona Virus seperti sekarang ini. PLN siap memberikan keandalan dan pasokan listrik yang cukup," kata Ikhsan.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Meninjau Portofolio Investasi Anda

Selain rumah sakit milik pemerintah, PLN juga memastikan listrik di Wisma Atlet dan RS Pertamina Jaya terjamin. Di Wisma Atlet, PLN memasok dari dua sub sistem yang berbeda dan dilengkapi ACO (Automatic Change Over).

Dengan begitu, jika sumber listrik utama mengalami ganggguan akan secara otomatis dipindah ke sumber cadangan. Total daya listrik yang disiapkan sebesar 11.080 kVA untuk seluruh tower yang ada di komplek Wisma Atlet.

Sebagai informasi, dalam masa siaga COVID-19 ini, PLN menyiagakan 2.271 personil, 41 unit UPS dengan total kapasitas 7.070 kilo Volt Ampere (kVA), 15 unit trafo bergerak dengan total kapasitas 1.745 kVA, 7 unit kabel bergerak sepanjang 2.600 meter, 23 Unit Gardu Bergerak dengan total kapasitas 17.080 kVA, 10 unit genset dengan total kapasitas 1.745 kVA.

Baca juga: Investor China Beri Bantuan 40 Ton Alat Kesehatan ke RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com