Luhut: 6 Fakultas Kedokteran dan Tenaga Medis Terima Alat Kesehatan dari China

Kompas.com - 27/03/2020, 08:23 WIB
Sebanyak 40 ton alat-alat kesehatan yang didatangkan dari China diterbangkan dari Bandara Pundong, Shanghai menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (26/3/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiSebanyak 40 ton alat-alat kesehatan yang didatangkan dari China diterbangkan dari Bandara Pundong, Shanghai menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (26/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 40 ton alat kesehatan yang didatangkan dari China dijadwalkan akan tiba pada Jumat (27/3/2020) dini hari di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Alat kesehatan ini merupakan sumbangan dari beberapa perusahaan asal China yang berinvestasi di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan melalui unggahan Instagram Story.

 

Baca juga: Investor China Beri Bantuan 40 Ton Alat Kesehatan ke RI

Adapun alat kesehatan yang disumbangkan berupa test kit virus corona, masker N95, masker bedah, hingga alat pelindung diri (APD) tenaga medis.

"Selain alat bantuan kesehatan kami juga memberikan bantuan peralatan untuk laboratorium kesehatan kepada enam Fakultas Kedokteran di Indonesia berupa alat PCR," kata Luhut, Kamis (26/3/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Luhut menjelaskan, alat kesehatan jenis Polymerase Chain Reaction (PCR) ini berfungsi untuk memeriksa spesimen dari swab tenggorokan dan mulut dapat lebih akurat mengetahui DNA virus dalam tubuh.

Alat kesehatan tersebut, lanjut Luhut, nantinya akan didistribusikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta ke fakultas kedokteran sejumlah universitas.

"Ke depan, setelah alat kesehatan itu dikirimkan, diharapkan pada bulan April di minggu kedua, semua fakultas kedokteran tersebut akan memiliki kemampuan untuk melakukan tes sebanyak 1.000 sampel per harinya," ujarnya.

Baca juga: Percepat Pengadaan Alat Kesehatan, Pemerintah Bebaskan Bea Impor

Luhut juga berharap, bantuan alat-alat kesehatan dari China dapat tersalurkan dengan baik, terutama untuk tenaga medis yang sangat memerlukan peralatan tersebut untuk menangani pasien virus corona.

"Sehingga penanganan wabah Covid-19 di Indonesia bisa lebih cepat teratasi demi upaya penyelamatan jiwa seluruh rakyat Indonesia, khususnya para pasien dan tenaga medis yang saat ini berjuang di garis terdepan," harap Luhut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.