Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Naik 10 Persen, IHSG Diproyeksikan Bakal Bertahan di Zona Hijau

Kompas.com - 27/03/2020, 08:49 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini, Jumat (27/3/2020) diproyeksikan bakal bertahan di zona hijau.

Kemarin, Kamis (26/3/2020), IHSG sempat mengalami pergerakan positif dengan kenaikan 10 persen.

IHSG kemarin ditutup pada level 4.338,9 atau naik 10,19 persen (401,27 poin) dibanding penutupan Selasa (24/3/2020), yakni 3.937,63.

Baca juga: Usai Libur, IHSG Ditutup Melonjak 10,19 Persen

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memproyeksikan IHSG hari ini akan kembali melanjutkan kenaikannya karena didorong sentimen indeks AS yang menghijau.

“IHSG hari ini masih naik ya, kalau kemarin cukup tinggi, sekarang mungkin bisa 3 persen sampai dengan 4 persen,” katanya kepada Kompas.com.

Kenaikan ini didorong oleh sentiment positif pada pergerakan bursa saham AS, seperti indeks Dow Jones yang naik 6,38 persen, S&P 500 yang juga naik 6,24, disususul dengan Nasdaq yang naik 5,6 persen. Sementara itu indeks Dollar juga naik 0,03 persen.

Kenaikan bursa saham AS ini dinilai karena optimisme investor akibat RUU Stimulus sebesar 2 triliun dollar AS yang kini sudah disetujui oleh senat dan selanjutnya dilimpahkan ke DPR AS.

Baca juga: Sempat Melonjak 10 Persen, IHSG Sesi I Ditutup Menguat 378 Poin

Di sisi lain jumlah pengangguran AS yang juga meningkat menjadi 3,28 juta orang mendorong kebutuhan kucuran dana segar dari pemerintah.

Dengan diloloskannya stimulus, masyarakat menilai akan ada bantuan dari pemerintah lebih banyak lagi.

“Dua faktor utama itu yang membuat pasar AS menguat perdagangannya, dan ini menyebabkan (Bursa) Indonesia hari ini berpeluang menguat perdagangannya,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com