AP I: Besok Bandara YIA Beroperasi, 135 Penerbangan Bakal Beroperasi

Kompas.com - 28/03/2020, 13:39 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau fasilitas Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Jumat (31/1/2020). Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo meninjau fasilitas Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Jumat (31/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Yogyakarta bakal beroperasi penuh mulai besok, Minggu (29/3/2020).

"Kami akan segera operasikan secara penuh tanggal 29 maret 2020 dan direncanakan esok pagi sudah akan melaksanakan pengoperasian," kata Faik Fahmi dalam konferensi video, Sabtu (28/3/2020).

Faik menuturkan, bandara akan mengoperasikan sekitar 168 penerbangan movement. Artinya, sebanyak 32 penerbangan yang sudah ada sebelumnya mendapat tambahan sekitar 136 movement dari Bandara Adisutjipto.

"Dari 168 movement, ada sekitar 84 flight take off dan 84 yang landing di YIA," ujar Faik.

Baca juga: Bandara YIA Beroperasi 29 Maret, Kemenhub Beri Subsidi Tarif Damri di Dua Shelter ini

Kendati demikian, Faik tak memungkiri ada beberapa penerbangan yang meminta pembatalan sementara akibat wabah virus corona (Covid-19).

Faik merinci, hingga saat ini setidaknya ada 53 movement yang telah mengajukan pembatalan (cancel flight).

"Dari 168 ada 53 yang cancel karena penumpangnya secara komersial menurun. Sehingga totalnya besok 135 penerbangan yang mulai operasi secara penuh," ujar Faik.

Adapun penerbangan keberangkatan yang pertama esok hari dimulai dengan keberangkatan maskapai Batik Air menuju Samarinda sekitar pukul 06.00 WIB dan Batik Air ke Jakarta sekitar pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya jadwal kedatangan pertama dimulai dari Maskapai Lion Air dari Jakarta sekitar pukul 06.20 WIB.

Baca juga: Pertamina Modernisasi Pengisian Avtur di YIA

Lebih lanjut Faik menuturkan, pemindahan penerbangan ke Bandara YIA dilakukan guna menghindari kelebihan kapasitas penumpang di bandara Adisutjipto. Terlebih pemerintah telah melarang masyarakat berdesak-desakan akibat wabah virus corona.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X