Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Sediakan Transportasi Gratis bagi Tenaga Medis yang Tangani Pasien Corona

Kompas.com - 28/03/2020, 16:05 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan transportasi gratis bagi para tenaga medis yang menangani pasien virus Corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Wishnutama mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan operator transportasi untuk menyediakan sarana transportasi gratis kepada dokter, perawat hingga sopir ambulance pasien Corona.

Hal itu agar para medis bisa lebih gampang dan cepat ketika bertugas.

"Untuk transportasi yang sudah bekerja sama sementara baru Bluebird dan White Horse kami juga masih membuka peluang kepada jaringan hotel dan layanan transportasi di daerah lain yang ingin bermitra dan kementerian yang akan membiayai tagihan di bawah harga pasar,"  ucap dia dalam konferensi pers bersama BNPB melalui streaming, Sabtu (28/3/2020).

Baca juga: IMF: Pandemi Corona Menjelma Jadi Krisis Ekonomi...

Selain transportasi gratis, pemerintah juga menyediakan tempat tinggal berupa hotel untuk para tenaga medis tersebut.

"Diperkirakan ada 1.100 tenaga medis yang dapat ditampung oleh hotel yang sudah melakukan kerja sama dengan kami dan ini kami sediakan untuk Gugus Tugas dan tenaga kesehatan," ujarnya.

Menurut dia, saat ini jaringan hotel yang sudah melakukan kerja sama ialah Accor Hotel Group dan kebijakan ini masih baru dilakukan hanya di wilayah Jakarta saja.

Adapun persyaratan yang mesti dipenuhi oleh pihak hotel dan transportasi, lanjut Wishnutama, yaitu lokasi hotel harus dekat dengan rumah sakit.

Pihak hotel juga harus mengikuti standar penanganan pencegahan virus Corona yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan dan pihak hotel ataupun transportasi juga tidak melakukan pemecatan pegawai selama pandemi Corona berlangsung.

Baca juga: Lawan Corona, Erick Thohir: Stop Mengeluh dan Saling Menyalahkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com