Pemerintah Sediakan Transportasi Gratis bagi Tenaga Medis yang Tangani Pasien Corona

Kompas.com - 28/03/2020, 16:05 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio ditemui usai rapat koordinasi di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (7/2/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio ditemui usai rapat koordinasi di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan transportasi gratis bagi para tenaga medis yang menangani pasien virus Corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Wishnutama mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan operator transportasi untuk menyediakan sarana transportasi gratis kepada dokter, perawat hingga sopir ambulance pasien Corona.

Hal itu agar para medis bisa lebih gampang dan cepat ketika bertugas.

"Untuk transportasi yang sudah bekerja sama sementara baru Bluebird dan White Horse kami juga masih membuka peluang kepada jaringan hotel dan layanan transportasi di daerah lain yang ingin bermitra dan kementerian yang akan membiayai tagihan di bawah harga pasar,"  ucap dia dalam konferensi pers bersama BNPB melalui streaming, Sabtu (28/3/2020).

Baca juga: IMF: Pandemi Corona Menjelma Jadi Krisis Ekonomi...

Selain transportasi gratis, pemerintah juga menyediakan tempat tinggal berupa hotel untuk para tenaga medis tersebut.

"Diperkirakan ada 1.100 tenaga medis yang dapat ditampung oleh hotel yang sudah melakukan kerja sama dengan kami dan ini kami sediakan untuk Gugus Tugas dan tenaga kesehatan," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, saat ini jaringan hotel yang sudah melakukan kerja sama ialah Accor Hotel Group dan kebijakan ini masih baru dilakukan hanya di wilayah Jakarta saja.

Adapun persyaratan yang mesti dipenuhi oleh pihak hotel dan transportasi, lanjut Wishnutama, yaitu lokasi hotel harus dekat dengan rumah sakit.

Pihak hotel juga harus mengikuti standar penanganan pencegahan virus Corona yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan dan pihak hotel ataupun transportasi juga tidak melakukan pemecatan pegawai selama pandemi Corona berlangsung.

Baca juga: Lawan Corona, Erick Thohir: Stop Mengeluh dan Saling Menyalahkan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.