Soal Lockdown Bandara Sentani di Papua, Ini Kata AP I

Kompas.com - 28/03/2020, 16:36 WIB
Bandara Sentani di Papua. Dok. Shutterstock/ Akhmad Dody FirmansyahBandara Sentani di Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua, telah melakukan penutupan sementara layanan bandara sejak Kamis (26/3/2020), hingga 9 April mendatang.

Penutupan bandara di wilayah Bumi Cendrawasih itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) usai 3 orang Papua di Kabupaten Merauke positif terinfeksi virus.

Menanggapi hal itu, PT Angkasa Pura I (Persero) Tbk alias AP I selaku pengelola bandara mengatakan tengah menunggu keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pasalnya, penutupan bandara berada dalam kewenangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Banyak Pemda Ingin Tutup Bandara, Ini Respon Kemenhub

"Prosesnya sedang dipastikan oleh Kemenhub. Kita mengikuti apa yang diarahkan," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam konferensi video, Sabtu (28/3/2020).

Sementara saat ini, Bandara Sentani memang masih ditutup untuk penumpang. Namun layanan logistik dan kargo masih berjalan.

Dia pun mengungkap, dari 15 bandara yang dikelola AP I, hanya Bandara Sentani yang meminta adanya "lockdown" lokal sementara waktu.

Namun untuk mencegah penyebaran virus, AP I telah mengurangi volume penerbangan di beberapa titik bandara, seiring dengan permintaan maskapai yang membatalkan penerbangannya.

"Belum ada permintaan lagi untuk bandara. Hanya memang dari Sentani saja, tapi untuk penumpang. Logistiknya tidak. Tapi kami lagi nunggu keputusan Kemenhub," jelas Faik.

Baca juga: Luhut: Rencana Lockdown Masih Dikaji

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X