Cegah Persebaran Corona, Kemenhub Batasi Pengerjaan Proyek Kereta Api

Kompas.com - 29/03/2020, 06:33 WIB
Jalur kereta api Cibatu-Garut sepanjang 19,5 meter tengah direaktivasi. Pembongkaran bangunan di jalur itu telah selesai dan rencananya jalur tersebut sudah bisa dioperasikan pada awal 2020. KOMPAS.com/RENI SUSANTIJalur kereta api Cibatu-Garut sepanjang 19,5 meter tengah direaktivasi. Pembongkaran bangunan di jalur itu telah selesai dan rencananya jalur tersebut sudah bisa dioperasikan pada awal 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kasus pasien terinfeksi virus corona (covid-19) terus meningkat setiap harinya. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian pun mengeluarkan instruksi soal pembatasan kegiatan pembangunan fisik prasarana perkeretaapian yang melibatkan banyak pekerja.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran No. KA.008/A.98/DJKA/20 Tentang Tindak Lanjut Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada pelaksanaan pembangunan perkeretaapian.

Prosedur pembatasan beberapa aktivitas proyek tersebut sejalan dengan Protokol Pencegahan Covid-19 di Proyek Konstruksi yang dikeluarkan Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca juga: Penumpang Demam Tinggi Dilarang Naik Kereta Api

“Kita memiliki beberapa balai yang tersebar di Jawa dan di Sumatera serta Sulawesi, yang saat ini melangsungkan pembangunan prasarana, misalnya pembangun jalur, stasiun, fasilitas operasi dan lain sebagainya yang semua melibatkan banyak pekerja tentu ada potensi terjadinya penularan Covid-19,” ujar Direktur Prasarana Perkeretaapian Heru Wisnu Wibowo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Sabtu (28/03/2020).

Surat Edaran ini diharapkan dapat memberikan arahan bagi pihak-pihak terkait. Pihak yang dimaksud meliputi penyelenggara prasarana perkeretaapian, kuasa pengguna anggaran,kontraktor, hingga para pekerja.

“Diharapkan dengan surat edaran ini para pihak terkait bisa menyusun SOP tentang langkah-langkah apa yang harus dilakukan sesuai dengan kondisi lapangan dengan tetap memperhatikan protokol pencehagan Covid-19 serta semaksimal mungkin tidak mengganggu progres pembangunan,” ujar Heru.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X