Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Cari Rumah dan Ajukan KPR Secara Online

Kompas.com - 30/03/2020, 16:31 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda sedang mencari rumah sebagai tempat tinggal pribadi? Anda bisa berburu rumah dan mengajukan KPR secara online melalui BTN Properti.

Sebab, zaman sekarang Anda tidak perlu mendatangi pameran properti satu per satu. Cukup mengunjungi laman www.btnproperti.co.id, Anda bisa mencari rumah yang sesuai dengan selera.

Bahkan, Anda juga bisa melakukan simulasi perhitungan KPR untuk mengetahui nilai cicilannya. Bila sesuai, Anda pun bisa mengajukan KPR rumah tersebut secara online.

Baca juga: Pemerintah Larang PNS Mudik Lebaran

Praktis kan. Anda tidak perlu keluar rumah untuk mencari rumah baru.

Dan, Anda tidak perlu takut tertipu ketika membeli rumah melalui situs ini. Bank Tabungan Negara (BTN) jelas melakukan verifikasi pada seluruh developer yang tertera di dalam website mereka.

Bila Anda tertarik melihat-lihat atau membeli rumah di situs ini, simak dulu panduannya berikut:

Baca juga: Catat, PNS Kerja dari Rumah hingga 21 April 2020

Anda bisa mengunjungi situs www.btnproperti.co.id melalui browser ponsel atau laptop. Layar perangkat akan menampilkan halaman utama yang berisi tipe dan gambar rumah.

  • Untuk melihat-lihat model rumah, Anda bisa menggeser ikon tanda panah. Cara lainnya, Anda masukkan kata kunci dan harga properti sesuai keinginan lalu ketuk "Cari properti".
  • Bila sudah menemukan rumah yang cocok, Anda ketuk tepat di foto rumah untuk mengetahui data detilnya.
  • Untuk melakukan simulasi KPR, Anda isi tabel "Pengajuan KPR" yang berada di sebelah kanan layar. Setelah itu, Anda ketuk "Ajukan KPR" untuk melanjutkan transaksi.
  • Anda isi data diri, pekerjaan, dan pinjaman di dalam formulir digital yang tampil di layar perangkat. Kemudian, Anda upload dokumen yang dibutuhkan yakni KTP dan slip gaji lalu ketuk "Submit".
  • Anda akan menerima email konfirmasi pengajuan dari BTN. Terakhir, Anda tunggu kabar status pengajuan KPR selama tujuh hari kerja.

Bila status pengajuan KPR diterima, impian Anda memiliki rumah pun terwujud. Namun, bila pengajuan KPR ditolak, Anda masih bisa, lo, mengajukannya sekali lagi. (Tri Sulistiowati)

Baca juga: Pemerintah Jelaskan Asal Bantuan APD untuk Jateng Bukan dari China

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Ini cara mudah cari rumah dan ajukan KPR secara online melalui BTN Properti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com