Erick Thohir: BUMN Berupaya Meminimalkan Dampak Corona ke Ekonomi

Kompas.com - 30/03/2020, 18:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Kementerian BUMNMenteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui virus corona berdampak kepada kondisi perekonomian negara.

Atas dasar itu, kata dia, pemerintah tak akan tinggal diam untuk meminimalisir dampak virus corona ke perekonomian Indonesia.

“Berbagai elemen pemerintah termasuk para BUMN akan berupaya untuk meminimalkan dampak (wabah corona ke) ekonomi yang terjadi.. Salah satunya kami dorong untuk tetap beroperasi dan bisa memanfaatkan fasilitasi perizinan serta data-data investasi yang ada di BKPM,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/3/2020).

Baca juga: Ingat, Sensus Penduduk Online Berakhir Besok

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir dampak perekonomian di tengah wabah corona, yakni dengan melakukan penandatanganan nota kesepahamanan antara BUMN dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kerja sama yang dapat dilakukan antara BUMN dengan BKPM antara lain berupa pertukaran informasi dan data untuk peningkatan realisasi investasi, percepatan perizinan berusaha, kegiatan promosi bersama (joint promotion) serta fasilitasi investasi perusahaan plat merah.

Sementara itu, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menambahkan, sejak dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha, seluruh proses perizinan yang ada di Kementerian dan Lembaga lainnya telah efektif berjalan di BKPM.

Baca juga: Ramalan IMF Bikin Rupiah Ditutup Melemah

BUMN yang mengelola banyak kegiatan usaha tentunya juga harus mengurus perizinannya ke BKPM melalui sistem Online Single Submission (OSS).

“Inilah yang harus dimanfaatkan juga oleh perusahaan milik negara. Jangan hanya teman-teman pengusaha swasta saja yang mendapat kemudahan, tapi BUMN juga harus,” kata Bahlil.

Baca juga: Jokowi Minta Kajian Pembatasan Mudik Rampung 2 Hari?



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X