Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freeport Indonesia Benarkan Seorang Karyawannya Tewas akibat Penembakan

Kompas.com - 30/03/2020, 19:41 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia memastikan, seorang karyawannya tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kuala Kencana, Timika, Mimika, Papua, Senin (30/3/2020).

"Kami sangat berduka atas kehilangan satu orang rekan karyawan yang meninggal dalam kejadian penembakan yang terjadi di area perkantoran PT Freeport Indonesia, di Kuala Kencana, Timika, Papua," ujar manajemen Freeport dalam keterangan tertulis, Senin.

Freeport juga melaporkan, ada enam orang karyawan lainnya yang menjadi korban penembakan.

Baca juga: Anggota KKB Tembak 3 Karyawan Freeport, 1 Tewas, 2 Luka-luka

Dua korban mengalami luka serius dan telah dilarikan ke Rumah Sakit Tembagapura.

"Empat orang korban lain dalam insiden penembakan ini mengalami cedera ringan dan telah mendapatkan perawatan di lokasi," tutur Freeport.

Lebih lanjut, merespon insiden tersebut Freeport menyebutkan pasukan keamanan pemerintah dan pihak sekuriti perusahaan telah mengamankan lokasi kejadian dan telah mengevakuasi semua karyawan dari kantor dan kawasan yang berada di dekatnya.

"Prioritas utama kami adalah memastikan keselamatan para karyawan dan keluarga mereka," ucap Freeport.

Baca juga: KKB Tembaki Karyawan Freeport, Satu WNA Tewas, Ini Penjelasan Kapolda Papua

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal membenarkan adanya insiden penembakan yang dilakukan oleh KKB pada hari ini, Senin, pukul 14.00 waktu setempat.

"Telah terjadi penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata terhadap 3 orang karyawan PT Freeport Indonesia yang mengakibatkan satu korban meninggal dunia dan dua orang mengalami luka-luka,” ujarnya, Senin.

Korban tewas berinisial GTW (57) yang merupakan warga negara Selandia Baru. Kemudian, korban luka-luka berinisial JMB (49) dan US (52).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com