Ford Bakal Produksi 30.000 Ventilator Per Bulan untuk Pasien Corona

Kompas.com - 31/03/2020, 13:16 WIB
Ford melakukan restrukturisasi dengan memangkas 7.000 pegawai advancemanufacturingFord melakukan restrukturisasi dengan memangkas 7.000 pegawai

NEW YORK, KOMPAS.com - Pabrikan mobil Ford berencana memproduksi 50.000 ventilator sederhana dalam 100 hari untuk pasien yang terjangkit virus corona.

Kemudian, Ford berencana melanjutkan produksi sebanyak 30.000 ventilator per bulan setelah itu. Hal tersebut diumumkan Ford pada Senin (30/3/2020) waktu setempat.

Dilansir dari CNN, Selasa (31/3/2020), Ford menyatakan bakal memproduksi ventilator di pabriknya, yakni Rawsonville Components Plant di Ypsilanti, negara bagian Michigan, AS.

Baca juga: Ada Virus Corona, Pabrik Mobil Kini Produksi Masker hingga Ventilator

Pihak Ford menyatakan, pabrik tersebut akan dioperasikan oleh 500 orang pekerja dari serikat pekerja United Auto Workers yang secara sukarela bekerja pada proyek tersebut.

Saat ini ventilator di AS diproduksi oleh Airon Corp di negara bagian Florida dan telah dilisensikan oleh GE Healthcare.

Ford sendiri telah bekerja sama dengan GE Healthcare untuk membantu meningkatkan produksi ventilator.

Adapun ventilator Airon Model A-E yang akan diproduksi Ford beroperasi hanya dengan tekanan udara dan tidak membutuhkan listrik.

Baca juga: Louis Vuitton Ubah Pabrik Parfum Jadi Hand Sanitizer Darurat

Ford menyatakan bakal bekerja 24 jam dengan tiga shift pekerja untuk memproduksi 7.200 ventilator yang sama dengan produksi Airon per minggu.

Selain itu, Ford juga bekerja sama dengan GE Healthcare untuk menggenjot produksi ventilator GE yang lebih canggih. Ford juga bekerja mendesain perangkat ventilator GE Healthcare yang lebih sederhana, sehingga dapat pula diproduksi oleh Ford.

Beberapa pabrikan mobil lainnya juga telah berkomitmen untuk membantu produsen ventilator dalam skala besar.

General Motors (GM), misalnya, bermitra dengan produsen ventilator Ventec Life Systems untuk membantu meningkatkan produksi Ventec.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X