Cegah Penyebaran Corona, Freeport Beri Bantuan Rp 5 Miliar

Kompas.com - 31/03/2020, 15:38 WIB
Tambang terbuka PT Freeport Indonesia, di Grasberg, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika merupakan tambang terbuka terbesar di dunia. Dalam operasinya  PT Freeport Indonesia mengoperasikan puluhan haul truk untuk mengangkut material tambang dengan kapasitas angkut 240 ton hingga 320 ton. Alfian KartonoTambang terbuka PT Freeport Indonesia, di Grasberg, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika merupakan tambang terbuka terbesar di dunia. Dalam operasinya PT Freeport Indonesia mengoperasikan puluhan haul truk untuk mengangkut material tambang dengan kapasitas angkut 240 ton hingga 320 ton.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Mimika dan Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Mimika.

Adapun bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai senilai Rp 5 miliar yang akan di distribusikan antara lain Rp 2 miliar ke Kabupaten Mimika, Rp 1,5 miliar ke Provinsi Papua dan Rp 1,5 miliar ke Pemerintah Pusat.

“Freeport melalui YPMAK mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Mimika," ujar Manager Community Health Development (CHD) PTFI Govert Waramori dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Baca juga: Luhut Tak Menduga, Banyak Masyarakat yang Sudah Mudik

"Bekerja sama dengan Pemkab Mimika, menyerahkan bantuan APD ini untuk digunakan tenaga medis bila ada penanganan pasien covid-19,” sambungnya.

Selain bantuan tunai, ada juga bantuan masker sebanyak 100 dus, 20 set APD baju bio hazard, 48 unit mesin alat semprot mist blower yang digunakan untuk penyemprotan cairan disinfektan area indoor dan outdoor, serta 39 karton setara 250 liter cairan disinfektan merek Bayer.

Distribusi barang melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dan Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 di Timika.

Sebelumnya, PTFI telah menjalankan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penerapan social distancing di area kerja, serta melakukan pembatasan perjalanan (travel restriction) bagi karyawan dan komunitas di lingkungan perusahaan.

Baca juga: Hampir Seluruh Anggota G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Ini



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X