BNI Syariah Galang Dana Bangun RS Kontainer untuk Pasien Corona

Kompas.com - 01/04/2020, 05:22 WIB
Ilustrasi kontainer di pelabuhan. SHUTTERSTOCKIlustrasi kontainer di pelabuhan.

JAKARTA, KOMPAS.com - BNI Syariah mengajak Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Dhuafa dan Cinta Quran Foundation membangun fasilitas kesehatan berupa rumah sakit kontainer untuk penanganan pasien virus corona (Covid-19) di RST Dompet Dhuafa, Parung, Bogor.

“Rumah sakit kontainer Covid-19 terdiri dari sepuluh rangkaian dan difungsikan sebagai ruang isolasi, bersifat portable, ramah lingkungan, proses pembuatan cepat dan tahan lama,” kata Direktur Kepatuhan BNI Syariah, Tribuana Tunggadewi melalui keterangan tertulis, Selasa (31/3/2020).

Penggalangan dana untuk rumah sakit kontainer Covid-19 bersama Dompet Dhuafa dihimpun melalui platform Wakaf Hasanah BNI Syariah. Ditargetkan dana yang terkumpul dalam program ini sebanyak Rp 250 juta.

Baca juga: Budi Karya Sumadi Acungkan Jempol untuk Dokter yang Menanganinya

Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa Yuniarko Sukendro mengatakan, rumah sakit kontainer adalah salah satu solusi cepat dan tepat untuk membuat ruang isolasi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di tengah terbatasnya ruang isolasi yang tersedia di Indonesia.

Dengan adanya rumah sakit kontainer ini diharapkan akan menambah harapan hidup para pasien. Selain itu diharapkan pasien dapat tertangani dengan baik sehingga angka kematian serta penularan virus corona bisa segera menurun.

BNI Syariah juga melakukan kerja sama dengan Cinta Quran Foundation dalam program Selamatkan Penjaga Quran.

Baca juga: Relaksasi Kredit, Apa Untungnya untuk Nasabah dan Industri Keuangan?

Program ini bertujuan untuk melindungi penjaga Quran dari risiko tertular virus corona. Dengan program ini diharapkan bisa memutus rantai penyebaran virus corona di tiap lingkungan pesantren.

“Di tengah wabah, masih ada para penjaga quran yaitu para santri yang terisolasi di pesantren karena efek social distancing,” kata Dewan Pembina Cinta Quran Foundation, Fatih Karim.

Program ini bertujuan untuk membantu pesantren menyediakan fasilitas sanitasi dan kebersihan. Selain itu dengan program ini bisa membantu suplai makanan, masker, desinfektan, sabun antiseptik dan  multivitamin serta minuman herbal para santri yang ada di pesantren. Targetnya ada sebanyak 10.000 santri yang bisa terbantu dalam program ini.

Baca juga: Daftar Lengkap Bank dan Perusahaan Leasing yang Beri Kelonggaran Kredit



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X