Self Driving, Kunci Kesuksesan Miliarder Dunia

Kompas.com - 01/04/2020, 08:48 WIB
Prof Rhenald Kasali istProf Rhenald Kasali
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi nilai bagus di sekolah tak menjamin seseorang bisa sukses di masa depan. Banyak miliarder-miliarder di dunia yang justru sukses usai didepak dari sekolah atau perguruan tinggi.

Sebut saja pendiri Microsoft Bill Gates yang namanya mulai dikutip banyak orang. Pendiri perusahaan software ini dikeluarkan (drop out) dari Harvard University hingga dia tak melanjutkan kuliahnya.

Nama-nama lain seperti pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan Steve Jobs mengalami hal serupa. Lebih jauh, penemu lampu dan generator listrik, Thomas Alva Edison bahkan dikeluarkan dari sekolah karena dianggap bodoh. Orang tuanya akhirnya mendidik Thomas di rumah.

Baca juga: Organda Dukung Wacana Larangan Mudik Lebaran 2020

Indonesia pun punya tokoh-tokoh semacam itu. Dua diantaranya adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang tidak menamatkan sekolah tapi berhasil jadi pengusaha dan pendiri platform Kitabisa, M Alfatih Timur alias Timmy.

Lantas mengapa mereka bisa? Padahal, orang ber-IQ tinggi dan memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan layak pun belum tentu berhasil dan sukses di masa depan.

Praktisi bisnis Rhenald Kasali mengatakan, ada benang merah dari semua tokoh-tokoh tersebut. Meski kesuksesan tak didapatkan melalui sistem pendidikan, para miliarder memiliki cara lain dan melewati tahapan lain dalam menggapai mimpi, yang kerap disebut self driving.

"Self driving pada dasarnya adalah berpikir. Ternyata di dunia ini hanya 2 persen populasi yang mau berpikir. Mau berpikir artinya mau susah, bukan hanya mengerjakan yang gampang-gampang, mau bereksplorasi," kata Rhenald dalam konferensi video, Selasa (31/3/2020).

Baca juga: Masa Pengisian Sensus Penduduk Online Diperpanjang hingga 29 Mei 2020

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X