BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Belajar dari Pebisnis Sukses Dunia, Ini Kiat agar Produktif Setiap Hari

Kompas.com - 01/04/2020, 13:05 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg saat memberikan kesaksian di depan senat atas skandal kebocoran data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica. Brendan Smialowski / AFPCEO Facebook Mark Zuckerberg saat memberikan kesaksian di depan senat atas skandal kebocoran data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica.

KOMPAS.com – Saat bangun tidur di pagi hari biasanya hal apa yang Anda lakukan? Mungkin banyak dari Anda yang akan langsung mengecek handphone ketika bagun dari tidur.

Ternyata hal tersebut juga dilakukan CEO Facebook Mark Zuckerberg. Bedanya, hal pertama yang dilakukannya setelah bangun tidur sekitar pukul 8 pagi adalah memeriksa Facebook, Facebook Messenger, hingga Whatsapp.

Sebagai pendiri salah satu media sosial terbesar di dunia, aktivitas yang dilakukan Mark setelah membuka mata adalah memperbarui informasi tentang perusahaannya.

Setelah mendapatkan update terbaru, rutinitas pagi Mark dilanjutkan dengan berolahraga. Biasanya dia akan pergi ke gym atau lari pagi bersama anjing kesayangannya.

“Saya mencoba pergi ke gym atau lari. Itu cara yang baik untuk memulai hari,” ucap Mark dilansir dari businessinsider.sg, Selasa (28/1/2020).

Usai berolahraga, Mark akan sarapan dengan menu apapun. Hal ini juga berlaku ketika memilih pakaian. Seperti yang diketahui, Mark hampir selalu mengenakan celana jins, kaus abu-abu, dan sepatu sneakers.

Ketika ditanya alasannya, ayah dua anak itu hanya tidak ingin menghabiskan waktunya memikirkan hal-hal kecil. Dia ingin lebih fokus memikirkan cara terbaik untuk melayani masyarakat.

Pendiri dan CEO Facebook, Mark ZuckerbergKimihiro Hoshino/AFP Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
Rutinitas lain yang selalu dijalankan Mark adalah belajar. Biasanya kegiatan ini dilakukan di waktu luangnya. Sebisa mungkin, Mark membaca satu hingga dua buku baru per minggu.

Kunci produktif ala pebisnis dunia

Untuk urusan pekerjaan, Mark diketahui menghabiskan waktu 50-60 jam per minggu untuk bekerja di kantor. Tentunya tidak mudah menyelesaikan banyak pekerjaan dengan waktu kerja rata-rata 9 jam per hari. Karena itulah, Mark punya kiat tersendiri agar tetap produktif.

Caranya dengan membuat daftar pekerjaan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan setiap harinya. Mark biasanya akan bertanya pada diri sendiri, apakah dia telah melakukan hal paling penting yang bisa dilakukan.

Pria berusia 35 tahun itu juga lebih memilih menyelesaikan pekerjaan dari yang paling mudah. Sebab, menurutnya, dengan mengerjakan hal mudah terlebih dahulu, maka akan ada banyak pekerjaan lain yang bisa dituntaskan.

Membuat daftar pekerjaan prioritas ternyata juga menjadi kiat produktif banyak pebisnis sukses lainnya. Seperti yang dilakukan CEO platform infrastruktur keuangan Finix, yaitu Richie Serna.

Setiap pagi, Richie selalu membuat daftar beberapa pekerjaan utama yang harus dirampungkannya hari itu dan memeriksanya satu per satu.

Dengan banyaknya pekerjaan yang dimiliki, membuat daftar tugas membuatnya tidak mudah terganggu dengan hal-hal lain. Alhasil, Richie bisa lebih fokus dan produktif.

Ilustrasi karyawan Facebookbusinessinsider.com Ilustrasi karyawan Facebook

Sarah Bird, CEO Moz, sebuah perusahaan penyedia SEO software pun melakukan hal serupa. Mengutip artikel di laman inc.com, Jumat (12/7/2019), setiap hari Sarah akan menulis 3 pekerjaan terpenting yang harus dilakukan.

“Hal tersebut memungkinkan saya untuk tetap fokus pada prioritas, dan tidak terganggu dengan prioritas orang lain. Cara itu membantu saya lebih fokus,” ucapnya.

Mencatat daftar prioritas pun bisa dilakukan dengan media apa saja, seperti kertas, buku saku, hingga memanfaatkan teknologi smartphone.

Apalagi teknologi smartphone ternyata mampu meningkatkan produktivitas penggunanya. Melansir artikel di laman forbes.com, Sabtu (16/5/2017), jika digunakan dengan disiplin dan tepat, sebuah teknologi dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan simpel dan cepat.

Namun demikian, ada baiknya memilih smartphone yang mampu mengakomodasi seluruh kegiatan pebisnis dengan mobilitas tinggi. Misalnya, smartphone yang mumpuni untuk multitasking.

Salah satu smartphone yang menawarkan keunggulan tersebut adalah Oppo Find X2. Smartphone seri premium terbaru dari Oppo itu dirancang untuk mendukung pemilik aktivitas harian cukup padat dengan mobilitas tinggi.

Pasalnya, smartphone tersebut dibekali dengan prosesor Snapdragon 865 yang didukung dengan RAM 12GB dan ROM 256GB.

Untuk urusan konektivitas, ponsel itu sudah mendukung jaringan 5G. Soal pengisian daya baterai, ada fitur 65W SuperVOOC 2.0 Flash Charge, yang mampu mengisi penuh daya baterai dalam waktu sekitar 30 menit.

Oppo Find X2 dan Find X2 Pro hadir dengan teknologi resolusi 2k HDR+ (High Dynamic Range), refresh rate 120 Hz, dan teknologi layar 10 bit dalam desain waterfall-screen display.Dok. Oppo Oppo Find X2 dan Find X2 Pro hadir dengan teknologi resolusi 2k HDR+ (High Dynamic Range), refresh rate 120 Hz, dan teknologi layar 10 bit dalam desain waterfall-screen display.

Kemudian ada teknologi 120Hz Ultra Vision Screen yang memadukan refresh rate 120Hz dan resolusi 2K HDR (High Dynamic Range).

Mengutip Kompas.com, Rabu (11/3/2020), teknologi refresh rate akan membuat layar lebih mulus saat digulirkan. Jadi, visual yang ditampilkan tidak patah-patah ketika jari menggulir layar dengan cepat.

Baca juga: Oppo Find X2 dan X2 Pro Punya Chip Khusus untuk Layar, Fungsinya?

Tampilan visualnya pun semakin lengkap dengan teknologi layar 10 bit dalam desain waterfall screen. Teknologi ini dapat menampilkan 1,073 miliar warna, sehingga mampu mereproduksi jajaran warna lebih luas dengan tampilan lebih akurat dan nyata.

Jajaran teknologi tersebut membuat smartphone bekerja dengan performa optimal untuk mendukung seluruh aktivitas Anda. Mulai dari mengoperasikan banyak aplikasi dalam satu waktu, menonton film dan video dengan dengan warna lebih akurat dan nyata, hingga berselancar di internet dengan cepat.

Bagi Anda yang tertarik dengan smartphone itu, Oppo membuka pre-order fase kedua untuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, pada 27 Maret–2 April 2020. Kali ini pre-order dilakukan melalui e-commerce Blibli, Tokopedia, Lazada, JD.id, dan Shopee.

Find X2 tersedia dalam dua varian warna, yakni Dark Sea dan Blue Wave, yang dijual dengan harga Rp 14.999 juta.

Sementara itu, varian Find X2 Pro dijual dengan harga Rp 17.999 juta dan tersedia dalam dua pilihan warna, Tea Orange dan Dark Sea.

Nah, semoga cerita tentang rutinitas serta cara para pebisnis untuk terus produktif di atas dapat menginspirasi Anda. Jangan lupa juga untuk mencoba menerapkannya di kehidupan sehari-hari, ya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya