WFH, Konsumsi Listrik Rumah Tangga Naik Hingga 3 Persen

Kompas.com - 02/04/2020, 07:12 WIB
Ilustrasi PixabyIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) mencatat adanya peningkatan konsumsi listrik rumah tangga dalam beberapa waktu terakhir.

Hal ini utamanya diakibatkan imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk berkegiatan dari rumah (work from home/ WFH), guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, konsumsi listrik rumah tangga diproyeksikan mengalami peningkatan hingga 3 persen selama periode pandemi virus corona berlangsung.

"Saat ini konsumsi listrik untuk rumah tangga mengalami kenaikan 1 persen hingga 3 persen, ini sangat logis karena banyak yang dirumah," katanya dalam video conference, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Zoom dan Netflix Banyak Diakses Selama WFH, Sri Mulyani Incar Pajaknya

Lebih lanjut, Rida menyebutkan pihaknya menerima laporan, konsumsi listrik rumah tangga besar R3 6.600 VA distribusi Jakarta Raya mengalami peningkatan sebesar 3 persen selama periode pandemi virus corona berlangsung.

Kendati demikian, pada saat bersamaan konsumsi listrik industri dan komersil berpotensi mengalami penurunan. Pandemi virus corona telah menyebabkan terjadinya penurunan aktifitas kedua sektor tersebut.

"Untuk industri dan komersial seperti hotel, pusat perbelanjaan menurun konsumsinya karena ada beberapa yang tutup karena enggak ada pengunjung,” ujar Rida.

Menurutnya, dengan menurunnya konsumsi listrik industri dan komersil berpotensi merugikan PT PLN (Persero).

Pasalnya, PLN perlu menanggung biaya kelebihan pasokan listrik yang diakibatkan pelemahan konsumsi.

Oleh karenanya, Rida menegaskan pihaknya akan terus memantau dan memastikan penurunan konsumsi listrik industri dan komersil tidak berdampak signifikan terhadap PLN.

"Kami berusaha untuk mengantisipasi agar dampaknya tak terlalu besar kepada PLN kalau ada penurunan penggunaan listrik. Pasti turun, hotel turun, mall, industri juga turun penggunaan listriknya," ucap Rida.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X