Djarum Sumbang Rp 1,5 Miliar untuk Pengadaan APD di Kudus

Kompas.com - 02/04/2020, 12:28 WIB
Petugas medis bersiap di ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, sedangkan saat ini sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien. ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
ANTARA FOTO/HERU SRI KUMOROPetugas medis bersiap di ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, sedangkan saat ini sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien. ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakti Sosial Djarum Foundation memberikan bantuan Alat Perlindungan Diri ( APD) bagi tenaga medis di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah untuk penanganan pasien virus corona.

Bantuan tersebut senilai lebih dari Rp 1,5 miliar dan diserahkan kepada Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation Purwono Nugroho mengatakan, bantuan ini merupakan wujud kepedulian untuk masyarakat dan lingkungan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Kemenperin: Produsen Siap Penuhi Kebutuhan APD untuk Tenaga Medis

Oleh sebab itu, Purwono berharap bantuan APD ini dapat melindungi tenaga medis dalam menangani pasien baik yang suspect maupun positif Covid-19. '

"Semoga para pahlawan kesehatan yang berada di garda terdepan dapat terlindungi dan lebih percaya diri dalam menangani pasien dengan adanya tambahan APD ini,'' ucap Purwono dalam keterangannya, Kamis (2/4/2020).

Bantuan tersebut meliputi Baju Coverall (500 buah), Kacamata Goggle (400 buah), Dental Protective Face (300 buah), Masker N95 (4.000 buah), dan Masker Bedah (1.000 boks).

Kemudian, Sepatu Boot (400 pasang), Sarung Tangan (1.000 boks), Penutup Kepala (5.000 buah), Virus Transportation Media (VTM) atau alat untuk mengecek pasien yang diduga terinfeksi virus corona (5.000 buah).

Baca juga: Pemerintah Jelaskan Asal Bantuan APD untuk Jateng Bukan dari China

Sementara itu, Plt Bupati Kudus Hartopo menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan ini. Terlebih, saat ini para petugas medis kesulitan untuk mendapatkan APD lantaran tingginya kebutuhan.

''Perlengkapan APD itu akan dibagikan fasilitas Pelayanan perawatan Covid 19 termasuk Puskesmas yang dalam pelaksanaanya juga akan berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus,'' jelas Hartopo.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X