Kompas.com - 02/04/2020, 16:35 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot Kamis (2/4/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 16.495 per dollar AS.

Rupiah melemah 45 poin (0,27 persen) dibandingkan penutupan Rabu (1/4/2020), yakni di level Rp 16.450 per dollar AS.

Baca juga: Gubernur BI: Nilai Tukar Rupiah Menguat ke Rp 15.000 Per Dollar AS sampai Akhir Tahun

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pelemahan rupiah terjadi karena pasar kecewa terhadap pernyataan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang mengasumsikan rupiah bisa berada menuju level Rp 17.500 hingga Rp 20.000 per dollar AS jika pandemi virus corona tidak teratasi.

“Pasar kecewa terhadap pernyataan Gubernur Bank Indonesia. Walaupun hari ini (pernyataan) sudah direvisi namun sayangnya pemerintah dan Bank Indonesia harus bisa mengayomi masyarakat sehingga tidak terjadi kepanikan yang berlebihan,” kata Ibrahim.

Ibrahim mengatakan, pernyataan dari Gubernur Bank Indonesia adalah kesalahan yang cukup fatal, mengingat kondisi saat ini pasar global sedang rentan dengan adanya tekanan yang cukup ekstrim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Baru-baru ini defisit neraca berjalan melebar, peringkat kredit yang rendah dan cadangan mata uang asing terbatas sehingga meningkatkan risiko pelarian modal yang cukup tajam,” jelasnya.

Baca juga: Akhir Perdagangan Sesi I, IHSG dan Rupiah Jeblok

Dari sisi eksternal, pasar ketakutan setelah Presiden AS Donald Trump memperingatkan warganya terkait wabah virus corona.

Wabah virus corona juga telah menyebabkan ekonomi negara-negara maju mengalami perlambatan akibat kebijakan pemerintah yang mewajibkan social distancing (menjaga jarak).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jumlah kasus Covid-19 global mencapai 800.000 kasus per 1 April 2020.

Pandemi virus corona juga telah menunjukkan beberapa tanda-tanda akan ada peningkatan tajam dengan jumlah kasus mencapai 1 juta dalam hitungan satu sampai dua hari.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.