OYO Indonesia Siapkan Kamar Hotel untuk Akomodasi Tenaga Medis

Kompas.com - 02/04/2020, 18:42 WIB
Ilustrasi hotel DragonImagesIlustrasi hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - OYO Hotels and Homes Indonesia turut mendukung pemerintah dalam menangani dampak virus Corona (Covid-19).

Salah satunya yaitu dengan mengalokasikan salah satu hotelnya sebagai tempat tinggal bagi para tenaga medis yang menjadi pejuang garda terdepan dalam menangani pandemi.

Country Head OYO Hotels and Homes Indonesia, Alfian Lim mengatakan dengan langkah ini dapat memberikan fasilitas yang layak dan nyaman kepada para petugas medis untuk beristirahat selama masa bertugas.

Baca juga: Kementerian BUMN Siapkan RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra untuk Tangani Pasien Corona

Apalagi mengingat para petugas medis yang paling berjasa di tengah pandemi.

“Mereka rela bekerja siang dan malam dengan jam kerja yang panjang, mengambil risiko hingga meninggalkan keluarga demi merawat pasien," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Alfian menjelaskan, OYO secara khusus mengalokasikan sejumlah kamar di hotel kami bagi para pejuang kesehatan termasuk dokter, perawat dan petugas medis lainnya.

Ini untuk mempermudah akses mereka untuk menginap, membersihkan diri, ataupun hanya sekedar melepas lelah di tengah kondisi sulit ini.

Alfian juga menyebut, fasilitas ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi di tengah kekhawatiran para tenaga medis yang terpaksa harus menjaga jarak dengan keluarga atau kerabat terdekat karena berinteraksi langsung dengan pasien positif COVID-19 setiap harinya.

Baca juga: Mengukur Dampak Wabah Virus Corona ke Bisnis Hotel

Inisiatif penyediaan akomodasi ini ditargetkan untuk staf dan tenaga medis di salah satu rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, yaitu RSPAD Gatot Soebroto. 

Alfian menambahkan, sebelumnya inisiatif ini juga telah diberlakukan di berbagai wilayah operasional OYO yang terdampak COVID-19 seperti India, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Selain itu, untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para karyawan dan tamu tetap terjaga, OYO juga telah menerapkan standar prosedur operasional sesuai dengan protokol kesehatan.

Ini antara lain pengecekan suhu tubuh sebelum check-in, penggunaan masker, penyediaan cairan hand sanitizer, mencuci tangan secara rutin serta melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kamar hotel sebelum tamu check-in dan setelah check-out, demi menjaga kamar tetap higienis. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X