Kompas.com - 03/04/2020, 10:27 WIB
Ilustrasi corona virus (Covid-19) shutterstockIlustrasi corona virus (Covid-19)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan menandatangani perjanjian kerja sama dengan Grab dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) untuk menyediakan layanan khusus pemeriksaan virus corona.

Perjanjian ini memungkinkan masyarakat melakukan pemeriksaan awal (screening) virus corona melalui tanya jawab online di aplikasi Grab, yakni GrabHealth powered by Good Doctor.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan, screening risiko melalui telekonsultasi langsung bisa dilakukan dengan mitra dokter yang siaga 24 jam setiap waktu.

"Screening ini diharapkan bisa membantu mengindikasi masyarakat dengan risiko Covid-19 rendah, sedang, hingga tinggi, kemudian diberikan rekomendasi lebih lanjut oleh mitra dokter sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang ditetapkan Kemenkes," kata Oscar dalam siaran resmi, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Simak, Begini Cara Lindungi Nilai Kredit Saat Virus Corona

Oscar menuturkan, screening secara online ini juga bisa mencegah penularan yang kian menyebar saat masyarakat berbondong-bondong datang ke rumah sakit untuk bisa memeriksakan diri. Apalagi, pihak rumah sakit berpotensi penuh dan membeludak setiap waktu.

"Melihat potensi penuhnya rumah sakit di berbagai daerah, kementerian pun menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan smartphone mereka dan mengakses layanan konsultasi dengan dokter secara online dari rumah," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, kata Oscar, pasien mendapat bekal secara langsung dari dokter dengan pedoman konsultasi yang terstruktur, rekomendasi medis yang akurat, dan informasi terkini soal virus corona.

Bila dokter menemukan adanya indikasi pengguna berisiko rendah atau sedang, maka dokter dapat menganjurkan pengguna untuk mengisolasi di rumah. Namun, jika berisiko tinggi, dokter merekomendasikan pengguna untuk memeriksakan diri di rumah sakit.

Baca juga: Respons Dampak Pandemi Covid-19, Ini Perubahan Kebijakan Penerima Kartu Pra Kerja

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, fitur GrabHealth powered by Good Doctor memungkinkan pengguna Grab di 234 kota bisa mendapat informasi terkini soal corona dan berbagai informasi edukasi.

"Informasi dan edukasi yang diberikan akan bersumber dari bahan atau materi dari Kementerian Kesehatan. Konsultasi kesehatan di Good Doctor dengan GP/dokter umum tidak juga dikenakan biaya," ujar Neneng.

Adapun layanan GrabHealth powered by Good Doctor ini dapat diakses oleh para pengguna Grab di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Sidoarjo, Bali, Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Makassar, dan Manado.

Baca juga: Wabah Corona Ikut Pukul Bisnis Angkutan Truk



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.