Kompas.com - 03/04/2020, 11:03 WIB
Ilustrasi rest area di jalan tol Kementerian PUPRIlustrasi rest area di jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan belum ada rencana penutupan jalan tol dalam waktu dekat ini.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, jalan tol masih akan beroperasi secara normal, Namun akan dilakukan penyesuaian, sejalan dengan imbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

Salah satu bentuk penyesuaian yang akan dilakukan adalah dengan cara membatasi jumlah pengguna tempat istirahat (TI) dan tempat istirahat pelayanan (TIP) jalan tol.

"Kita siapkan jalan tol untuk melayani masyarakat dengan pengetatan jumlah pengunjung TI/TIP social/physical distancing dengan menurunkan kapasitas," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Luhut: Mengenai Pembatasan Transportasi, Itu Hanya Rekomendasi...

Selain itu, rest area nantinya hanya akan menyediakan fasilitas pelayanan dasar seperti SPBU, toilet, dan tempat ibadah.

"Masyarakat kita ingatkan untuk menyediakan kebutuhan perjalanan mereka sendiri," kata Danang.

Meski tetap beroperasi, Danang mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan, sehingga dapat membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

"Kita tetap mengharap pengurangan jumlah pemudik dan menghargai mereka yang tetap stay at home atau tidak melakukan perjalanan jauh," tuturnya.

Baca juga: Soal Pembatasan Transportasi, Pemerintah Mau Lihat Kesiapan Masyarakat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X