Ini Langkah Shopee dan Tokopedia Bila Ada Penjual yang Naikkan Harga Masker

Kompas.com - 03/04/2020, 11:21 WIB
ilustrasi masker shutterstockilustrasi masker

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat dari mewabahnya pandemi virus corona atau Covid-19 membuat seluruh masyarakat membeli perlengkapan alat kesehatan seperti masker.

Keadaan seperti ini banyak dimanfaatkan para oknum untuk menjual produk masker dengan harga tinggi di beberapa platform e-commerce.

VP Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan pihaknya akan siap menutup permanen toko online apabila ditemukan ada yang menjual produk masker dengan harga tinggi.

Baca juga: Tokopedia Blokir Ribuan Penjual yang Pasang Harga Tak Wajar di Tengah Corona

" Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar. Kami juga terus melakukan sweeping berkala untuk memastikan produk yang dijual dalam platform Tokopedia sesuai dengan peraturan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Jika masih menemukan produk yang melanggar, lanjut Nuraini, baik dari syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku di Indonesia, masyarakat bisa ikut melaporkannya melalui fitur ‘Laporkan’ yang ada di pojok kanan atas setiap halaman produk.

Sementara itu Public Relations Lead Shopee, Aditya Maulana Noverdi mengatakan pihaknya juga tidak akan mentolerir para seller apabila ketahuan menjual produk dengan harga yang tidak masuk akal.

" Jika terdapat penjualan produk masker dari mitra penjual yang menaikkan harga dengan besaran yang tidak masuk akal, tim internal Shopee akan dengan segera menindaklanjutinya," katanya.

Baca juga: Shopee Akan Tindak Penjual yang Jual Masker dengan Harga Tidak Wajar

Aditya menambahkan hingga saat ini, Shopee terus memantau situasi dan bekerja sama dengan para penjual untuk menjaga harga pada taraf yang wajar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X