Ekonomi Malaysia Diramal Anjlok ke Level Terendah dalam 1 Dekade

Kompas.com - 03/04/2020, 12:37 WIB
Menara kembar di Kuala Lumpur, Malaysia. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANMenara kembar di Kuala Lumpur, Malaysia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Negara Malaysia memprediksi ekonomi Malaysia akan menyusut 2 persen atau menjadi sekitar 0,5 persen pada tahun ini. Hal itu dikarenakan adanya pandemi corona yang bisa membawa ekonominya ke level terburuk selama lebih dari 1 dekade terakhir.

Perlu diketahui, Malaysia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah korban virus corona tertinggi. Sebanyak 3.100 jiwa telah terinfeksi corona di Malaysia, dengan 50 kasus meninggal.

Hal itu menjadikan perjalanan bisnis Malaysia selama sebulan terakhir ikut berdampak, khususnya pada sektor perdagangan dan pariwisata.

Baca juga: Imbas Virus Corona, ADB Ramal Ekonomi RI Tahun Ini Tumbuh 2,5 Persen

Dilansir dari Reuters via Kontan.co.id, Jumat (3/4/2020), Bank Negara Malaysia mengatakan secara keseluruhan risiko terhadap prospek pertumbuhan domestik pun ikut menurun. Hal itu karena adanya penyebaran covid-19 secara luas sehingga berdampak terhadap ekonomi global dan juga ekonomi dalam negeri Malaysia.

Tak hanya itu, Bank Negara Malaysia turut menegaskan inflasi diperkirakan akan berada di rentang -1,5 persen dan 0,5 persen. Hal ini juga lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun lalu, yakni sebesar 0,7 persen.

Melihat hal tersebut, operasi moneter akan terus dilakukan untuk mendukung likuiditas pasar valuta asing, obligasi juga uang tunai guna memastikan intermediasi keuangan yang tidak terganggu.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Karena corona, ekonomi Malaysia diramal anjlok ke level terendah dalam satu dekade

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X