Hadapi Pandemi Virus Corona, Perusahaan Fintech Dukung UMKM Lewat Skema Ini

Kompas.com - 03/04/2020, 17:38 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.


KOMPAS.com – Perusahaan financial technology (fintech), PT Alami Fintek Sharia, mengajak para pemberi dana (funder) membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) dalam mengembangkan usahanya di tengah pandemi virus corona melalui skema peer to peer (P2P) lending.

Alami mengklaim akan memberikan donasi sebesar Rp 119.000 bagi para pendana yang mendaftar melalui platform selama April 2020.

Lewat kampanye #BuatMerekaTangguh, perusahaan teknologi finansial itu memberikan diskon untuk para pelaku UMKM yang mengajukan pembiayaan melalui platform.

CEO sekaligus Founder Alami, Dima Djani, mengatakan hal itu bertujuan mengurangi dampak pandemi virus corona di kalangan pelaku UMKM.

Baca juga: Jokowi Minta UMKM yang Terdampak Virus Corona Diberi Insentif

“Ini merupakan inisiatif kami dalam membantu UMKM yang terkena dampak pandemik ini. Sebagai institusi finansial syariah kita harus terjun langsung dalam memberikan dampak positif dalam situasi apapun,” kata Dima dalam pernyataan tertulis, Jumat (3/4/2020).

Alami dengan produknya invoice financing, ia melanjutkan, bisa dijadikan pilihan bagi para pemberi dana (funder) untuk memutarkan uangnya dengan tenor jangka pendek (1-3 bulan), serta imbal hasil yang kompetitif dan sesuai syariah.

Dalam menjaga kualitas pembiayaan, Alami melakukan analisa secara mendalam untuk meminimalisirkan resiko dalam keadaan ini.

“Dengan analisa itu, pencapaian non performing financing 0 persen tetap menjadi acuan agar dapat terjaga,” ujarnya.

Peduli tenaga medis

Alami juga menyediakan dan menyalurkan alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis dan pasien Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ( RS RST DD).

Marketing Manager Alami, Marco Pandita (kedua dari kiri), memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) ke Rumah Sakit Pasar Rebo untuk para tenaga medis di tengah pandemi virus corona.Dok. Alami Marketing Manager Alami, Marco Pandita (kedua dari kiri), memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) ke Rumah Sakit Pasar Rebo untuk para tenaga medis di tengah pandemi virus corona.
Sebagai informasi, Rumah Sehat merupakan salah satu rumah sakit rujukan di Kawasan Bogor Utara.

Selain itu, Donasi akan digunakan untuk pembangunan RS Container Covid-19 dan RS Lapangan Covid-19.

RS Kontainer Covid-19 dan RS Lapangan Covid-19 akan difungsikan sebagai ruang isolasi pasien dan akan ditempatkan di RS RST DD, Parung, Bogor.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X