Hari Ini, BUMN Datangkan Alat Penguji Corona hingga 1.400 Tes Per Hari

Kompas.com - 04/04/2020, 08:10 WIB
Calon Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Kartiko Wiryoatmojo, berjabat tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Hari ini, Presiden Joko Widodo memperkenalkan 12 orang sebagai wakil menteri yang akan membantu kinerja Kabinet Indonesia Maju. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYCalon Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Kartiko Wiryoatmojo, berjabat tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Hari ini, Presiden Joko Widodo memperkenalkan 12 orang sebagai wakil menteri yang akan membantu kinerja Kabinet Indonesia Maju.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mendatangkan alat penguji virus corona yang bisa melakukan hingga 1.400 tes per hari. Rencananya, mesin tersebut tiba di Indonesia pada Sabtu (4/4/2020).

“Insya Allah hari Sabtu akan datang satu mesin besar yang dipasang di RS Pertamina dengan kapasitas 1.300 sampai 1.400 tes per hari,” ujar Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Tak hanya itu, pada pekan depan, Kementerian BUMN juga akan menghadirkan mesin serupa ke Indonesia. Nantinya, mesin-mesin tersebut didistribusikan ke beberapa rumah sakit (RS) BUMN di berbagai kota.

Baca juga: [POPULER MONEY] Akses Token Listrik Gratis Pakai WhatsApp | Luhut Akan Tuntut Said Didu

“Kemudian, Minggu akan datang 10 mesin. Kapasitas mencapai masing-masing 1.000 tes sehari dan akan didistribusikan ke RS BUMN di kota-kota yang ada outbreak,” kata Budi.

Budi menambahkan, nantinya RS BUMN juga akan bekerja sama dengan RS swasta agar alat tersebut bisa digunakan secara massal bagi masyarakat.

“Jadi alat tes bisa dimanfatkan kota tersebut dan atas arahan Menteri BUMN, kita diminta kerja sama dengan laboratorium dan RS swasta,” ucap dia.

Baca juga: Mengusir Stres Bekerja di Luar Rumah Saat Corona Mewabah

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X