Perhitungan Diskon 50 Persen bagi Pelanggan Listrik 900 VA Subsidi

Kompas.com - 04/04/2020, 14:46 WIB
Yohanis menunjukkan meteran listrik miliknya yang membuat dirinya didenda PLN sebesar Rp 7,6 juta karena meteran itu tidak sesuai dengan dengan namanya. Yohanis mengaku memercayakan pemasangan meteran itu pada instalator milik salah satu pegawai PLN. KOMPAS.com/SUKOCOYohanis menunjukkan meteran listrik miliknya yang membuat dirinya didenda PLN sebesar Rp 7,6 juta karena meteran itu tidak sesuai dengan dengan namanya. Yohanis mengaku memercayakan pemasangan meteran itu pada instalator milik salah satu pegawai PLN.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah lewat PT PLN (Persero) memberikan diskon listrik sebesar 50 persen bagi pelanggan listrik daya 900 VA kategori penerima subsidi. Diskon berlaku selama April, Mei, dan Juni 2020.

Berikut perhitungan diskon 50 persen bagi pelanggan listrik 900 VA subsidi. Untuk pelanggan pascabayar, diskon 50 persen langsung dipotong pada tagihan pelanggan yang meliputi biaya pemakaian dan biaya beban untuk periode April-Juni. 

Sementara untuk prabayar, perhitungan diskon yang diterima pelanggan 900 VA subsidi yakni setiap bulannya diberikan token listrik gratis PLN dengan jumlah kWh sebesar 50 persen dari pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (Desember 2019-Februari 2020) untuk periode pembelian bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Token listrik gratis PLN yang bisa didapatkan dengan mengirimkan pesan teks via WhatsApp 08122-123-123 (mulai 6 April) atau bisa juga dengan mengisikan nomor ID pelanggan di laman www.pln.co.id.

Baca juga: Listrik Gratis, Ini Manfaatnya bagi Ekonomi

Sebagai informasi, kebijakan diskon listrik bagi pelanggan 900 VA subsidi ini dilakukan untuk mengurangi dampak ekonomi dari mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Diskon 50 persen tarif listrik ini tak berlaku bagi pelanggan daya 900 VA non-subsidi. Pelanggan kategori ini tetap dikenakan tarif listrik normal.

Selain diskon listrik bagi pelanggan 900 VA subsidi, pemerintah menggratiskan pemakaian listrik pada pelanggan daya 450 VA untuk periode April-Juni 2020.

Lalu untuk pelanggan daya 450 VA prabayar, setiap bulannya diberikan token gratis dengan jumlah kWh sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (Desember 2019-Februari 2020) untuk periode pembelian bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Cara paling mudah mengetahui apakah meteran listrik di rumah masuk kategori subsidi atau non-subsidi bisa dilihat dari struk pembayaran tagihan listrik dan kode yang tertera di meteran listrik.

Baca juga: Hari Ini Sudah Bisa Klaim Token Listrik Gratis PLN via Situs Resmi

Pada struk tagihan listrik, pelanggan 450 VA yang mendapatkan listrik gratis memiliki kode R1/450 VA atau R1T/450 VA. Sementara untuk pelanggan daya 900 VA bersubsidi yang mendapatkan diskon tarif 50 persen, struk pembayarannya memiliki kode R1/900 VA atau R1T/900 VA.

Sementara pada struk pembayaran tagihan listrik pelanggan 900 VA non-subsidi, kode yang tertera yakni R1M/900 VA atau R1MT/900 VA. Kode "M" sendiri artinya mampu.

Struk pembayaran PLN 900 VA subsidi dan non subdidiStruk pembayaran PLN 900 VA subsidi dan non subdidi Struk pembayaran PLN 900 VA subsidi dan non subdidi

Sebelumnya, dalam keterangan resminya, pelanggan prabayar yang ingin mendapatkan listrik gratis untuk bisa didapatkan melalui WhatsApp.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X