Sulit Bayar Cicilan Utang? Ini Cara Menghindari Gagal Bayar

Kompas.com - 04/04/2020, 15:04 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sah-sah saja Anda mengajukan utang usaha untuk ekspansi bisnis. Namun, Anda harus mengambil langkah cepat saat resiko gagal bayar sudah di depan mata.

Setiap pengusaha pasti mempunyai keinginan untuk mengembangkan bisnis. Saat modal usaha cekak, mau tidak mau Anda mengajukan kredit usaha untuk mewujudkan impian tersebut.

"Boleh saja mengajukan utang untuk ekspansi bisnis asalkan jelas tujuannya dan bisa mencicilnya," kata Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Rencana Edukasi.

Baca juga: Listrik Gratis, Ini Manfaatnya bagi Ekonomi

Untuk bisa mencicil utang tersebut, Anda harus membuat proyeksi pendapatan usaha pasca pengembangan. Selain itu, Anda juga harus mempunyai dana cadangan untuk membayar utang di empat sampai lima bulan pertama.

"Saat Anda salah membuat perhitungan maka potensi gagal bayar bisa terjadi," kata Budi Rudianto, Financial Planner OneShildt.

Selain itu, potensi gagal bayar juga dapat terjadi bila pendapatan usaha mengalami penurunan. Jadi, sebaiknya Anda memantau kondisi bisnis secara rutin, untuk mengetahui kondisi keuangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila lalai dan mengalami gagal bayar, Anda bakal dibuat stres karena harus menghadapi para depkolektor.

Anda pasti tidak inginkan dikejar-kejar para penagih utang setiap hari. Jadi, Anda wajib segara ambil langkah bila mulai merasa kesulitan membayar kredit usaha.

Baca juga: Listrik di Rumah Anda Disubsidi? Ini Cara Mengeceknya

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.