Sering Lupa Pekerjaan? Atasi dengan 5 Cara Ini

Kompas.com - 05/04/2020, 12:18 WIB
Ilustrasi lupa Ilustrasi lupa

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang sering lupa? Mungkin dari kita semua pernah melupakan sesuatu hal, bahkan yang penting sekalipun, termasuk pekerjaan.

Lupa sebetulnya wajar saja seiring pertambahan usia. Namun, kebiasaan lupa bukan saja dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, tapi juga orang yang masih muda.

Jika kamu sering sekali lupa, hati-hati. Bisa jadi itu adalah gangguan kognitif ringan, yakni suatu kondisi di mana berkaitan dengan sel saraf itak sebagai organ yang berfungsi untuk mengingat dan berpikir.

Baca juga: Atur Keuangan, Jangan Lupa Rumus 50/30/20

Kalau lupa hal-hal yang tidak penting sih tak mengapa. Yang jadi masalah kalau kamu acapkali lupa dengan pekerjaan.

Contohnya, lupa bahwa deadline pekerjaan hari ini, lupa janjian meeting dengan klien, lupa dengan pekerjaan yang kamu kerjakan sendiri, atau hal lainnya.

Kebiasaan lupa ini dapat mengurangi nilai kamu di mata bos. Karena kebiasaan lupa tersebut bisa membuat pekerjaan berantakan dan berpengaruh pada perusahaan.

Jadi, jangan anggap remeh ‘penyakit’ lupa.

Baca juga: Saat Berbisnis Online, Jangan Lupa Lakukan Ini Biar Untung

Berikut cara mudah meningkatkan daya ingat agar kamu tak melulu lupa dengan pekerjaan atau hal lainnya, seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (5/4/2020).

1. Buat Catatan di Buku Harian atau Pasang Alarm di Ponsel

Cara paling gampang untuk melatih kemampuan mengingatmu adalah dengan membuat sebuah catatan. Catat di buku harian maupun ponsel.

Tulis daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan setiap hari.

Dimulai dengan pekerjaan yang mendekati waktu deadline atau yang terpenting lebih dahulu sampai yang sifatnya tidak terlalu mendesak, namun menjadi tanggung jawabmu.

Membuat catatan pekerjaan dapat kamu lakukan sepulang kantor, menjelang tidur, ataupun pagi hari sebelum berangkat kerja. Kemudian, buka buku harian tersebut setiap kali kamu tiba di kantor. Selanjutnya langsung eksekusi.

Baca juga: 3 Strategi untuk Bertahan Setelah Kehilangan Pekerjaan akibat Covid-19

Jika dirasa kurang mempan, kamu dapat membuat catatan daftar pekerjaan di ponsel. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan alarm supaya dapat menjadi pengingat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X