Perta Arun Gas Pastikan Pasokan Gas Tetap Aman di Tengah Corona

Kompas.com - 05/04/2020, 12:58 WIB
Aktivitas di terminal LNG Dok. Humas PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGNAktivitas di terminal LNG

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perta Arun Gas (PAG) memastikan pasokan gas melalui regasifikasi kepada konsumen tetap aman di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Baru-baru ini, PAG memfasilitasi pengiriman sumber daya energi berupa Liquefied Natural Gas (LNG) untuk PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), perusahaan yang memproduksi pupuk di wilayah Aceh Utara. LNG yang dikirim melalui kapal kargo tersebut sebanyak 136.000 meter kubik.

“Ini merupakan kargo LNG pertama milik perusahaan Pupuk yang didatangkan dari Bontang. LNG tersebut akan disimpan dan melalui proses regasifikasi di PAG," kata Presiden Direktur Arief Widodo dalam keterangannya, Minggu (5/4/2020).

Baca juga: Pemerintah Diminta Berhati-hati Turunkan Harga Gas

Pembelian LNG oleh PIM, lanjut Arief, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional PIM. LNG tersebut dibawa menggunakan kapal untuk disimpan di tanki LNG PAG.

Dari LNG yang dikirim itu, PAG akan melakukan regas sekitar 22 BBTUD atau setara 22.000 MMBTUD untuk PIM.

Arief berharap, PAG dapat terus melayani kebutuhan pasokan energi kepada perusahaan maupun industri lainnya. Terkait besaran pasokan LNG akan disesuaikan dengan kebutuhan PIM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain memiliki bisnis pengiriman kargo LNG, PAG juga memiliki bisnis jasa pendinginan tangki kapal LNG di Lhokseumawe, Aceh.

Bisnis tersebut merupakan bagian dari pengembangan usaha regasifikasi dan LNG Hub yang dijalankan PAG.

Baca juga: Potensi Industri Tinggi, PGN Alirkan Gas ke Pelanggan Baru di Dumai

Terkait dengan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, PAG yang merupakan bagian dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Pertamina (Persero) juga terus melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi persebaran virus ini terutama di lingkungan perusahaan beroperasi.

“Sejak 16 Maret, para tamu dilarang masuk ke area kantor dan site, serta hanya dipersilakan mengubungi call center PAG apabila ada keperluan penting. Mulai 17 Maret telah dilakukan penyemprotan disinfektan di area kantor operasional, masjid, dan area publik,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.