Moody's Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2020 Terendah Sejak 1998

Kompas.com - 06/04/2020, 11:01 WIB
Ilustrasi Indonesia SHUTTERSTOCKIlustrasi Indonesia
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak dapat dipungkiri, shock yang diakibatkan oleh pandemi virus corona (Covid-19) berdampak pada perekonomian global, termasuk Indonesia.

Lembaga pemeringkat Moody's melalui Moody's Investor Service menyampaikan, perekonomian Indonesia hanya akan tumbuh 3 persen tahun ini, sebelum nantinya mengalami perbaikan yang diperkirakan akan tumbuh di kisaran 4,3 persen pada 2021.

Baca juga: Ini Bank-bank dengan Bunga Deposito Tertinggi di Awal Pekan

Berdasarkan laporannya yang diterima Kompas.com, Moody's menyatakan, perlambatan pertumbuhan ekonomi yang dialami Indonesia tahun ini bakal lebih buruk dari krisis ekonomi pada 1998-1999 lalu.

Moody's menilai, perlambatan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2020 masih relatif terjaga.

Namun, dengan adanya penutupan akses di beberapa daerah, aktivitas ekonomi mulai mengalami gangguan dan akan terus memberikan dampak pukulan bagi pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Bersiap Tameng Ekonomi untuk Dampak Wabah Corona...

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami memperkirakan pertumbuhan PDB riil melambat menjadi 3,0 persen pada 2020 dan mulai pulih ke 4,3 persen di 2021. Proyeksi PDB tahun ini merupakan yang terendah sejak krisis ekonomi melanda Asia 1998-1999," tulis Moody's dalam keterangannya, Senin (6/4/2020).

Moody's menyebut, berdasarkan data yang mereka miliki, dalam dua bulan pertama 2020, pertumbuhan konsumsi swasta sudah lemah, disebabkan oleh tren harga komoditas yang cenderung menurun dan sektor perbankan yang cenderung lebih hati-hati dalam menyalurkan kredit.

Baca juga: Bea Cukai Lelang Online Mobil Land Rover Defender, Minat?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.