Miliarder China Ini Sumbang 2,6 Juta Masker untuk Kota New York

Kompas.com - 06/04/2020, 19:07 WIB
Perlengkapan medis dan deretan tempat tidur terlihat di dalam tenda rumah sakit lapangan darurat yang didirikan sukarelawan dari organisasi bantuan Kristen Internasional Samaritans Purse untuk pasien virus corona di Central Park, New York, Senin (30/3/2020). AS kini resmi menjadi epicenter corona di dunia dengan data hingga Selasa (31/3/2020) terdapat 163.429 kasus positif dan korban meninggal 3.148 orang, melebihi Italia, China, dan Spanyol. AFP/BRYAN R SMITHPerlengkapan medis dan deretan tempat tidur terlihat di dalam tenda rumah sakit lapangan darurat yang didirikan sukarelawan dari organisasi bantuan Kristen Internasional Samaritans Purse untuk pasien virus corona di Central Park, New York, Senin (30/3/2020). AS kini resmi menjadi epicenter corona di dunia dengan data hingga Selasa (31/3/2020) terdapat 163.429 kasus positif dan korban meninggal 3.148 orang, melebihi Italia, China, dan Spanyol.

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder sekaligus salah satu pendiri raksasa e-commerce Alibaba, Joe Tsai, bersama istrinya, yakni Clara Wu Tsai menyumbangkan 2,6 juta masker untuk kota New York, Amerika Serikat.

Tidak cuma itu, Tsai juga mendonasikan 170.000 kaca mata medis dan 2.000 ventilator ke kota berjuluk Big Apple tersebut. New York menjadi episenter virus corona di AS.

Dilansir dari CNN, Senin (6/4/2020), sumbangan tersebut dibagi ke dalam dua pengiriman. Pengiriman pertama telah tiba pada Kamis (2/4/2020) lalu di Bandara Internasional Newark Liberty, New York.

Baca juga: Jack Ma Sumbang 500.000 Alat Tes Virus Corona dan 1 Juta Masker ke AS

Adapun pengiriman kedua telah tiba pada Sabtu (4/4/2020) lalu di Bandara Internasional John F Kennedy, New York.

"Kami terus mendengar permintaan (akan alat perlindungan diri/APD) dari komunitas kami dan ingin membantu," kata Clara Tsai.

Menurut dia, pemerintah negara bagian New York ingin mengalokasikan donasi APD pada pengiriman kedua untuk pihak-pihak yang paling membutuhkan.

Namun, Tsai menyatakan dirinya memang ingin membantu pihak-pihak yang belum terjangkau bantuan.

Ia menyebut sejumlah rumah sakit di New York yang dipandang paling membutuhkan bantuan, antara lain Jacobi Medical Center dan Lincoln Medical Center di Bronx, serta Elmhurst Hospital di Queens.

Baca juga: Jack Ma Kirim Bantuan Masker ke Indonesia

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Joe Tsai, Clara Tsai, dan Jack Ma," ujar Gubernur New York Andrew Cuomo.

Menurut Cuomo, donasi ini adalah hal yang luar biasa dan akan menciptakan perbedaan yang sangat signfiikan. Sebab, rumah sakit di New York dan seluruh penjuru AS kesulitan untuk memperoleh pasokan ventilator, masker, dan APD lainnya agar tenaga medis dapat terus berjuang menangani para pasien yang terjangkit virus corona.

Tsai sendiri memang memiliki keterikatan dengan New York. Tsai, pebisnis dan filantropis Kanada-Taiwan, merupakan pemilik tim basket Brooklyn Nets dan stadion Barclays Center di Brooklyn.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X