KILAS

Kabar Baik, Kabupaten Muna di Sulawesi Tenggara Masuk Masa Panen Raya

Kompas.com - 07/04/2020, 09:00 WIB
Sawah yang siap dipanen Dok. KementanSawah yang siap dipanen

KOMPAS.com – Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara kini tengah memasuki masa panen raya.

Menteri Pertanian (Mentan) Sayhrul Yasin Limpo segera memerintahkan jajarannya untuk memantau produksi sektor pertanian, khususnya selama masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

"Saat ini mulai masa panen raya Maret-April, petani harus dipastikan memperoleh juga harga jual yang layak, sehingga terjaga kesejahteraannya," ujar dia dalam keterangan tertulis, Senin (7/4/2020).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian ( Kementan) Sarwo Edhy pun berharap lahan segera ditanam pascapanen.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19 dan Jelang Ramadan, Kementan Pastikan Persediaan Bawang Merah Aman

Ia berharap agar produksi padi makin meningkat, sehingga Kabupaten Muna menjadi lumbung padi.

“Mohon lahan dipelihara dengan baik. Bila sudah bisa ditanam dua kali setahun, terus diupayakan menjadi tiga kali setahun. Satunya lagi untuk menanam jagung,” kata Sarwo Edhy.

Dirjen PSP Kementan juga meminta petani untuk memanfaatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dengan baik, mulai dari pompa, rice transplater, hingga traktor.

“Jangan sampai Alsintan tidak dimanfaatkan, bahkan sampai dijual. Kami sedang inventarisasi penggunaannya. Jika diketahui tidak dipakai, maka akan ditarik kembali,” imbuh Sarwo Edhy.

Ia kemudian mempersilakan Dinas Pertanian untuk mengajukan pembangunan irigasi atau embung bila dibutuhkan karena kunci utama pertanian adalah ketersediaan air.

Panen di lahan cetak sawah baru

Panen raya Kabupaten Muna yang tengah disoroti Kementan adalah di lokasi cetak sawah baru, Desa Bante, Kecamatan Kabawo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X