Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SKK Migas dan Kontraktor Beri Bantuan ke Daerah Terdampak Corona

Kompas.com - 07/04/2020, 13:30 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan kepada daerah terdampak virus corona (Covid-19).

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Sulistya Hastuti Wahyu mengatakan, total bantuan yang telah disalurkan berjumlah Rp 5.060.189.416 dan dialokasikan kepada 11 (sebelas) Provinsi yang terdampak.

"Bantuan-bantuan yang diberikan berupa Alat Pelindung Diri (APD), suplemen makanan, dan kegiatan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/4/2020).

Baca juga: Pendaftaran Seluruh Sekolah Kedinasan Pemerintah Ditunda!

Meski industri hulu migas juga terdampak, Sulistya menambah, namun hal tersebut tidak menjadi halangan untuk terus membantu Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sejak awal pandemi Covid-19 mulai terdeteksi di Provinsi yang terdapat wilayah kerja hulu migas, SKK Migas langsung menggerakkan KKKS di wilayah tersebut untuk aktif memberikan bantuan, utamanya kepada tenaga kesehatan, masyarakat, dan aparatur daerah," tuturnya.

Selain memberikan bantuan, SKK Migas juga telah meminta KKKS untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah kerja masing-masing dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemantauan kepada pekerja yang akan berangkat ke lapangan, membatasi jumlah pekerja di lapangan, serta mengurangi kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Baca juga: Pengusaha Tak Jamin Bayar Penuh Gaji dan THR Para Pekerja

Rencananya, SKK Migas bersam KKKS akan kembali mengumpulkan sumbangan dana bantuan yang akan difokuskan kepada masyarakat.

“Bantuan selanjutnya akan kami fokuskan ke dalam bentuk makanan pokok, mengingat pembatasan sosial masih diberlakukan dan sebentar lagi akan masuk Bulan Puasa, kami berharap dengan bantuan ini masyarakat tidak mengalami kesulitan memperoleh bahan makanan pokok.” ujar Sulistya.

Bukan hanya melalui bantuan melalui korporasi, SKK Migas melalui pegawai secara swadaya melaksanakan penggalangan dana untuk pembelian peralatan kesehatan yang dibutuhkan rumah sakit.

Sulistya melapporkan, sampai dengan tanggal 3 April 2020 bantuan yang sudah disalurkan berjumlah Rp 457.023.561? untuk 26 (dua puluh enam) rumah sakit atau instansi di wilayah Pulau Jawa.

Baca juga: Dampak Virus Corona, 1.226 Hotel di Indonesia Tutup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com