LPS Bayarkan Klaim Penjamin Simpanan Nasabah BPR Sekar Tahap Pertama

Kompas.com - 07/04/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi simpanan THINKSTOCKSIlustrasi simpanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengumumkan pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah PT BPR Sekar, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Sebelumnya BPR Sekar telah dicabut izin usahanya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 17 Maret 2020 lalu.

Sekretaris LPS Muhamad Yusron menyampaikan untuk tahap pertama, LPS akan melakukan pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah senilai Rp 2,66 miliar. Dana ini merupakan hasil milik dari 291 nasabah yang dinyatakan layak dibayar.

Baca juga: BPR Sekar Bakal Dilikuidasi, LPS Siapkan Pembayaran Klaim Simpanan Nasabah

"Nasabah yang simpanannya dinyatakan layak dibayar pada tahap satu ini dapat menyiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan seperti identitas diri dan bukti kepemilikan simpanan," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Yusron juga mengatakan. untuk mengurangi kontak antar-warga, LPS tidak menempatkan pengumuman di lokasi kantor BPR Sekar, melainkan di situs resmi LPS, yakni www.lps.go.id .

Sementara untuk pembayaran klaim penjaminan simpanan dilakukan di bank pembayar yang ditunjuk LPS seperti BRI Kantor Cabang Cikarang dan BRI Kantor Cabang Cibinong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami mengimbau agar nasabah tidak perlu tergesa-gesa dalam mencairkan dana simpanannya karena pembayaran klaim pinjaman masih akan dilayani hingga lima tahun ke depan sejak bank dicabut izin usahanya," terang Yusron.

Baca juga: OJK Cabut Izin Usaha BPR Sekar, Ini Alasannya

Bagi para nasabah yang belum masuk dalam pembayaran tahap satu ini, Yusron meminta agar nasabah dapat menunggu pengumuman pembayaran klaim penjaminan simpanan pada tahap berikutnya.

"Kami akan terus bekerja untuk menyelesaikan verifikasi data simpanan nasabah PT BPR Sekar dan kami minta untuk nasabah agar tidak terpancing oleh pihak-pihak yang mengaku dapat mengurus atau mempercepat proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan likuidasi bank dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.