The Fed Siapkan Stimulus Pinjaman untuk Usaha Kecil

Kompas.com - 07/04/2020, 14:06 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed) tengah mengkaji akan merilis program stimulus pinjaman untuk usaha kecil.

Dikutip Channel News Asia, Selasa (7/4/2020), The Fed akan mengumumkan rincian pengaturan pembiayaan baru tersebut pada akhir minggu ini. Pembiayaan baru disebut sebagai Program Perlindungan Gaji (Payroll Protection Programme).

Program Proteksi Gaji merupakan salah satu langkah utama yang diadopsi The Fed untuk mengimbangi dampak ekonomi dari krisis akibat virus corona. Anggaran program menjadi bagian dari anggaran stimulus lebih dari 2 triliun dollar AS yang disetujui Presiden AS, Donald Trump.

Baca juga: The Fed Gelontorkan Stimulus, Beli Obligasi hingga 300 Miliar Dollar AS untuk UKM

Adapun fasilitas pembiayaan berjangka telah menjadi pokok respon krisis The Fed, yakni mendorong perbankan memberikan pinjaman untuk berbagai keperluan.

Dengan artian, fasilitas ini bakal menyediakan pembiayaan kepada perbankan yang disalurkan kepada usaha-usaha kecil. Total anggaran sebesar 350 miliar dollar AS, yang bisa digunakan usaha kecil untuk membayar gaji dan memenuhi biaya dasar seperti sewa.

Namun, peluncuran program tetap membuat perbankan gelisah. Beberapa bankir mengatakan, ada risiko potensial tentang kredit macet meski Kementerian Keuangan AS mengaku bakal menjamin dalam banyak kasus.

Di sisi lain, The Fed tengah mengerjakan dan mempersiapkan falisitas pinjaman sebagai jalan utama (Main Street Lending Facility). Diperkirakan, stimulus yang satu ini akan berfokus pada pengusaha menengah yang mempekerjakan 500 hingga 10.000 pekerja.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X