Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos Minta Bantuan BUMN untuk Distribusikan Bansos

Kompas.com - 07/04/2020, 14:38 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Juliari Batubara meminta bantuan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk penyaluran bantuan sosial (bansos) selama masa pandemi Covid-19.

“Kami sebenarnya sudah sering sinergi (dengan BUMN) lewat Himbara, Bulog. Kami sedang mendiskusikan sinergi untuk penyaluran bansos baik itu sembako maupun BLT,” ujar Juliari saat teleconference dengan wartawan, Selasa (7/4/2020).

Juliari menambahkan, dalam rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, telah diputuskan 9 juta warga di seluruh Indonesia akan diberikan bantuan sembako. Sedangkan untuk di Jabodetabek, 3,5 juta warga juga akan diberikan bantuan serupa.

Baca juga: Wamen BUMN: Saya Diberi Tugas Erick Thohir Cari Ventilator hingga ke Ujung Dunia

“Saya sudah minta Pak Erick dengan seluruh jaringan BUMN, sehingga kita bisa berdayakan BUMN yang ada,” kata Juliari.

Dalam kesempatan ini Juliari selaku perwakilan dari Kemensos juga memberikan bantuan 20.000 alat pelindung diri (APD) untuk rumah sakit BUMN.

Menurut dia, bantuan tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi yang meminta kementerian merelokasi anggarannya untuk penanganan corona.

“Sesuai arahan presiden untuk refocussing kegiatan dan realokasi anggaran juga sudah lakukan hal tersebut untuk beli APD dan kami akan serahkan ke teman-teman kami yang butuhkan,” ucap dia.

Baca juga: Korpri Minta Pemerintah Prioritaskan THR untuk Guru dan Pensiunan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com