Kompas.com - 07/04/2020, 16:33 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot Selasa (7/4/2020) kembali meroket.

Mengutip data Bloomberg rupiah ditutup berada pada level Rp 16.200 per dollar AS atau menguat 212 poin (1,29 persen) dibandingkan penutupan Senin pada level Rp 16.413 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pengutan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ini terdorong sentiment terobosan baru pemerintah untuk menangani Covid-19 dengan cara menggelontorkan stimulus dibidang kesehatan dan Bank Indonesia terus melakukan intervensi di pasar valas dan obligasi dalam perdagangan DNDF dan pembelian obligasi pemerintah di pasar sekunder.

Baca juga: THR Terancam Dipangkas Pengusaha, Serikat Pekerja: Jangan Seenaknya

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, sejak akhir 2019 hingga 2 April lalu, terjadi capital outflow di pasar obligasi sekitar Rp 130 triliun.

“Di awal tahun hingga 24 Januari terjadi inflow sekitar Rp 30 triliun yang membuat rupiah perkasa,” ujarnya.

Sementara itu, sentimen pendukung lainnya yang menguatkan rupiah adalah rilis data outlook Moody's Investors Service, yang memberi peringkat Baa2 dengan outlook stabil untuk obligasi dollar AS yang akan dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Obligasi itu digunakan untuk membiayai program pemerintahan, termasuk penanganan wabah corona,” kata Ibrahim.

Baca juga: Ini Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha di Tokopedia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.