Rusia Bertemu Arab Saudi Besok, Harga Minyak Dunia Naik 5,5 Persen

Kompas.com - 08/04/2020, 10:39 WIB
Ilustrasi harga minyak Thinkstockphotos.comIlustrasi harga minyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan di pasar global pada perdagangan hari ini, Rabu (8/4/2020), setelah beberapa hari lalu terus mengalami koreksi.

Pertemuan antara Rusia dengan Organisasi Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) yang dipimpin oleh Arab Saudi besok, Kamis (9/4/2020), dinilai menjadi sentimen utama pendorong harga minyak mentah dunia.

Pasalnya, pasar berharap pertemuan tersebut dapat menghasilkan kebijakan yang tepat mengenai rencana pemangkasan produksi minyak di tengah kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

Baca juga: Harga Minyak Dunia Turun, Ini Sebabnya

Dikutip dari The Star, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) naik 1,3 dollar AS atau 5,5 persen ke level 24,93 dollar AS.

Sementara itu, harga minyak jenis Brent naik 72 sen atau 2,3 persen ke level 32,59 dollar AS.

Pembahasan antara OPEC dengan negara lain, termasuk Rusia, diharapkan mampu menghasilkan output kebijakan yang jauh lebih baik, ketimbang pertemuan yang terjadi pada awal Maret 2020.

Pada pertemuan awal bulan lalu, Rusia justru memutuskan untuk tetap meningkatkan produksi minyak. Langkah tersebut kemudian diikuti oleh Arab Saudi.

Hal tersebut kemudian berdampak terhadap harga minyak dunia yang terkoreksi hingga 40 persen hanya dalam kurun waktu 1 bulan.

Amerika Serikat dinilai memiliki peranan penting terhadap hasil pertemuan OPEC besok. Sebab, pasar memproyeksikan pemangkasan produksi minyak tidak akan dilakukan OPEC dan Rusia apabila AS tidak melakukan hal yang sama.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNN,CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X