Pandemi Covid-19, Jam Operasional Toko Tani Bakal Diperpanjang

Kompas.com - 08/04/2020, 14:46 WIB
Gojek mengantri mengambil pesanan masyarakat di Toko Tani milik Kementerian Pertanian, Selasa (7/4/2020). DOKUMENTASI HUMAS KEMENTERIAN PERTANIANGojek mengantri mengambil pesanan masyarakat di Toko Tani milik Kementerian Pertanian, Selasa (7/4/2020).

KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan sidak ke Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Pasar Minggu untuk memantau stok komoditas pangan serta menjamin proses distribusi ke masyarakat lancar terutama setelah Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Gojek.

Saat sidak, salah satu pengemudi ojek online mengeluhkan jam operasional pasar yang terlalu singkat dan secara langsung meminta kebijakan agar Kementerian Pertanian mau menambahnya.

"Pemesanan untuk ke TTIC banyak Pak namun karena waktunya terlalu singkat kita jadi tidak bisa ambil banyak. Mohon Bapak Menteri menambah jam operasionalnya," kata salah pengemudi ojek online yang tidak disebut namanya itu.

Pasokan cabai dan bawang putih yang dijual di gelar pangan murah toko tani Indonesia.DOK. Humas Kementerian Pertanian Pasokan cabai dan bawang putih yang dijual di gelar pangan murah toko tani Indonesia.

Menanggapi permintaan itu, Mentan Syahrul mengatakan ia akan berkoordinasi dengan kepala badan ketahanan pangan (Kementan) sebagai penanggung jawab TTIC untuk menambah jam operasional.

"Melihat kondisi antrian beberapa hari ini yang begitu padat. Saya berkoordinasi dengan Kepala Badan Ketahanan Pangan yang mengendalikan TTIC agar mungkin waktunya bisa ditambah lagi 1 hingga 2 jam jadi operasional yang biasanya jam 10 pagi hingga pukul 2 siang maka akan ditambah lagi nanti," kata Syahrul dalam pernyataan tertulis, Rabu (8/4/2020).

Syahrul mengatakan para pembeli pun harus menerapkan jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain demi mencegah menyebarnya Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Persoalan yang ada kenapa antrian panjang karena phsical distancing harus dilakukan walaupun sulit namun untuk menertibkannya mutlak harus dilakukan," katanya.

Pasar Tani

Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, Kementan harus membantu rakyat di tengah pandemi virus corona.

Adapun salah satu pilihan terbaik, imbuh dia, adalah dengan membuka Pasar Tani di 38 provinsi, utamanya di Jabodetabek.

Ia juga meminta kepada Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan untuk memperluas pasar tani di Jabodetabek.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.