Lawan Corona, BUMN Beli Alat PCR Berkapasitas hingga 10.000 Tes Per Hari

Kompas.com - 08/04/2020, 15:05 WIB
Ilustrasi alat tes deteksi virus corona, tes covid-19, tes corona ShutterstockIlustrasi alat tes deteksi virus corona, tes covid-19, tes corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menghadirkan 20 lab test PCR (Polymerase Chain Reaction) yang bisa melakukan hingga 300.000 tes per bulannya.

Keduapuluh alat tersebut, yakni dua unit Magna Pure 96 dan 18 Light Cycler. Alat tersebut didatangkan dari perusahaan farmas Roche, Swiss.

“Dengan (kedua alat) ini maka kita harapkan dalam tempo setiap hari ada tes dari 5.000 sampai 10.000 (per hari), maka dalam sebulan kita akan mencapai hampir 300.000 orang yang sudah dites,” ujar Arya dalam teleconference dengan wartawan, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Erick Thohir Akui Kebutuhan Ventilator di RS BUMN Masih Kurang

Arya menambahkan, pendeteksi virus corona tersebut bisa mengeluarkan hasil tesnya dengan cepat. Namun, dia tak merinci berapa cepat alat tersebut bisa mengeluarkan hasil tes coronannya.

“Kecepatan alat tesnya untuk mengetahui positif atau tidak juga sangat tinggi,” kata Arya.

Arya berharap, dengan adanya alat tersebut bisa memudahkan masyarakat dalam pengetesan corona. Alat tersebut akan dipasang di RS Pertamina Jaya, Jakarta.

“Dengan alat ini kita harapkan Indonesia akan semakin bisa mendata berapa banyak orang yang akan terkena corona, sehingga antisipasi kita untuk menghadapi corona akan semakin baik,” ucap dia.

Baca juga: Wamen BUMN: Saya Diberi Tugas Erick Thohir Cari Ventilator hingga ke Ujung Dunia



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X