Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Transformasi Digital di BUMN, Erick Thohir Gandeng Microsoft

Kompas.com - 09/04/2020, 07:00 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Microsoft dalam rangka transformasi digital.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap dengan adanya kerjasama ini bisa meningkatkan kualitas perusahaan plat merah ke depannya.

“Saya berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah awal BUMN untuk menciptakan nilai lebih,  mendukung transparansi data dengan menggunakan teknologi strategis dan efisiensi,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/4/2020).

Erick menjelaskan kerjasama ini mencakup empat tujuan, mulai dari peningkatan kemampuan digitalisasi, meningkatkan kesinambungan bisnis, innovation hub, dan BUMN sebagai tempat pemasaran global.

Baca juga: Kerja 4 Hari Seminggu, Produktivitas Karyawan Microsoft Jepang Naik 40 Persen

Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas operasional BUMN, menghasilkan pendapatan yang lebih besar, efisiensi biaya, meningkatkan integritas data dari hulu ke hilir, serta membawa konsolidasi data yang lebih baik.

“Hal ini akan membuat Pertamina dan PLN menjadi perusahaan yang lebih kompetitif dan lebih kuat juga," kata Erick.

Erick menuturkan, saat ini ada sekitar 800 perusahaan milik BUMN, termasuk anak cucu usahanya. Jika menggunakan cara tradisional dalam mengelolanya, lanjut dia, maka BUMN dapat terdisrupsi.

Oleh karena itu, Erick memutuskan membangun kemitraan dengan Microsoft untuk membantu BUMN dalam mengembangkan dan mengoptimalkan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT) dan High Performance Computing (HPC).

“Terima kasih Microsoft atas aktualisasi kolaborasi ini," ucap Erick.

Dalam kerjasama ini, Microsoft akan membantu PLN mengembangkan Smart Metering; Smart Grid Management; Smart Supply Chain; Big data Analytic dan Executive Dashboard. Diharapkan, PLN bisa lebih efektif dan efisien.

Sedangkan dengan Pertamina, Microsoft akan membantu untuk efisiensi biaya pengadaan dan procurement, mencari sumur-sumur strategis dan juga pengembangan program filantrofi, seperti proyek Al for Earth yang fokus pada keberlanjutan dan dampak perubahan iklim.

Selain itu, Microsoft juga akan memberikan program pembelajaran kepada PLN dan Pertamina mengenai teknologi digital dan eksplorasi implementasi guna pengembangan sumber daya manusia.

Erick berharap kolaborasi ini akan membantu BUMN untuk mengembangkan modernisasi infrastrukturnya, seperti pembangunan pusat data via Cloud, arsitektur ulang aplikasi, dan penilaian aset data.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com